Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN Lenggahsari 04 Cabang

Santhi Pertiwi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lenggahsari 04 Cabang Bungin Bekasi, sampel siswa  kelas IV pada tahun pembelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKN. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas IV SDN terdiri IV A sebanyak 36 orang siswa dan IV B sebanyak 36 orang siswa. Sampel yang digunakan menggunakan teknik clustering random sampling. Metode Eksperimen dengan post-test Kontrol grup design digunakan uji-t untuk mengumpulkan data analisis dan observasi. Pemilihan ilustrasi riset ini tidak dicoba pengacakan orang, sebab tidak dapat mengganti kelas yang tercipta tadinya. Kelas diseleksi sebagaimana sudah ada sebelum nya. Kelas diseleksi dikerjakan pengacakan. Pengaruh dari kondisi subjek mengenali dirinya dilibatkan dalam eksperimen bisa dikurangi sehingga riset ini menggambarkan pengaruh perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signitif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD penerima PKN. Daei hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa uji-t tersebut membuktikan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel jika α = 0,05 yaitu 2,673 > 2,03 dan skor rata – rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata –rata kelas control 66,08 >63.5


Full Text:

PDF

References


Anita, Lie. 2007. Mempraktekan Cooperative Learning di ruang kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Agustino, R., & Pertiwi, S. (2020). Estimation of the Relationship Between Learning Styles Inventory and Online Learning During the Pandemic. In Conference Series (Vol. 3, No. 1, pp. 553-561).

Anita, Lie. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Agustino, R., & Pertiwi, S. (2020). Membangun Sistem Model Learning Style Inventory Untuk Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Program E-Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 1-12.

Dapatermen Pendidikan Nasional. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI. Balai Pustaka: Rineka Cipta.

Kurniasih at al. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Sugiyono. 2008. Metode Pembelajaran Pendidikan. Bandung.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Solihatin, Etin. 2008. Cooperative Learning Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v5i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Santhi Pertiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats