Pengaruh Media Interaktif oleh Tutor Sebaya terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMA

Yasinta Dewi Kristianti, Sulaiman Metere, Trisna B. Widjayanti

Abstract


Masalah kesehatan reproduksi remaja merupakan masalah utama bagi kesehatan remaja saat ini. Minimnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan terbatasnya media informasi kesehatan reproduksi remaja pada kelompok remaja menengah usia 16-18 tahun menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media interaktif oleh peer educator terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk penelitian pra eksperimen dengan One Group Pre Test Post Test Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMAN) 99 Jakarta Timur dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berupa angket. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Z-hitung sebesar -2,727 dengan P-Value sebesar 0,003. P<0,05 yang artinya ada pengaruh penerapan media interaktif terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media interaktif oleh peer educator berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan pendidikan kesehatan reproduksi remaja


Full Text:

PDF

References


Afridah, W., Ratna, F. 2017.Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Siswa SMA Kanjeng Sepuh Gresik. Vol.1 No.1. Dalam http://journal.unusa.ac.id/index.php/mhsj/article/download/225/194.

Dewi,Ni Luh Putu Rustiari, IB Wirakusuma.2017.Pengetahuan dan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja SMA di Wilayah Kerja Puskesmas Tampaksiring I.E-jurnal medika vol.6 no.10 oktober 2017 hlm 50-54

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 17-32.

Kependudukan, B., & Nasional, K. B. (2012). Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK R/M). Jakarta: Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN.

Kependudukan, B., & Nasional, K. B. (2017). Badan Pusat Statistik, Kementerian Kesehatan, & USAID.(2018). Survei demografi dan kesehatan Indonesia 2017.

Kurniawati. H.F, Shaluliyah Z. 2014. Pengetahuan Pendidik Sebaya Mempengaruhi Pemberian Informasi KRR di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 9 / No. 2 / Agustus 2014

Kristianti, Y. D., & Widjayanti, T. B. (2021). Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Perilaku Seksual Beresiko pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(2), 245-253.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139-149.

Nurtanto, M., Fawaid, M., & Sofyan, H. (2020, July). Problem based learning (PBL) in Industry 4.0: Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill (LL-LCS). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1573, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2014 tentang Upaya Kesehatan Anak

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2015. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Ratnawati,Diah, Astuti Yuni Nursasi,Henny Permatasari.2014.Pengalaman Remaja Sebagai Pendidik Sebaya Dalam Pencegahan Perilaku Seks Bebas Di Wilayah Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Universitas Pembangunan Nasional, Veteran, Jakarta: Jurnal Keperawatan Widya Gantari, Vol 1, No 1, November 2014

Rochmawati L, Rahayu GR. 2017. Efektifitas Pendidikan Sebaya terhadap Perilaku Kesehatan Diri Santri Pesantren. Berita Kedokteran Masyarakat (BKM) Journal of community Medicine and Public Health Vo. 33 No 11 Hal541-546

Stephen, M., W. Franklin, A. Elizabeth, K. Juma, & O. Patrick. 2011. Teaching Computer Programming in the 21st Century. International Journal of Science and Technology (IJST), 1(6): 247-252.

Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. Bantung: PT Remaja Rosdakarya

Sutarno. 2011. Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Medan Magnet untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa. Jurnal Exacta, 9(1):60-66.

Triyani,Shylvi Indah.2016. Studi Deskriptif Pendidik Sebaya dalam Upaya Pendewasaan Usia Perkawinan di Kec. Pujon Kabupaten Malang. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, Vol. 5, No. 1, Juli 2016

Wiyono, K., Setiawan, A., & Paulus, C. T. (2012). Model multimedia interaktif berbasis gaya belajar untuk meningkatkan penguasaan konsep pendahuluan Fisika zat padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Ybarra, M. L., Strasburger, V. C., & Mi




DOI: https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i2.1299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yasinta Dewi Kristianti, Sulaiman Metere, Trisna B. Widjayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats