Pengaruh Faktor Klinis Dan Keteraturan Minum Obat Dengan Terjadinya TB MDR di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur

Petrus Geroda Beda Ama, Suhermi Suhermi, Futi Fradilla

Abstract


Penyakit Tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia, baik dalam hal prevalensinya maupun masalah-masalah lain yang ditimbulkan. Upaya dalam penanggulangan penyakit Tuberculosis ini pun masih terus dilakukan, namun dalam perjalanannya banyak hambatan dalam upaya tersebut, salah satunya adalah adanya fenomena Tuberkulosis Multidrug Resistant (TB-MDR). Penelitian tentang faktor yang berpengaruh juga sudah banyak dilakukan, namun terkait faktor klinis dan kepatuhan minum obat masih perlu untuk ditelusuri lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor klinis dan kepatuhan minum obat dengan terjadinya TB-MDR, dengan Desain penelitian adalah kasus kontrol. Populasi dan sampel adalah pasien TB biasa dan TB-MDR di di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bivariat, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian TB-MDR di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur adalah Riwayat Pengobatan TB (OR 4,702 dengan CI: 1,702-15,221), Efek Obat Anti TB (OR: 6,844 dengan CI: 1,772-26,440), Kepatuhan minum obat (OR: 8,947 dengan CI: 2,299-34,816). Sementara variabel yang tidak berpengaruh adalah Status Gizi dan Riwayat penyakit Diabetes melitus. Hasil Analisis Multivariat, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kejadian TB-MDR adalah Kepatuhan minum obat (OR: 7,192 dengan CI: 1,644-31,452). Perlu ditingkatkan lagi penyuluhan atau KIE kepada pasien, keluarga dan atau PMO tentang pentingnya kepatuhan minum obat dan konsekuensi yang timbul akibat dari ketidakpatuhan minum obat sangat penting untuk mengendalikan peningkatan kejadian TB MDR.

 


Full Text:

PDF

References


World HealthOrganizatio. Global Tuberculosis Report. Geneva : WHO Pres, 2016.

Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Laporan Tahunan Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Jakarta : s.n., 2017 (Tidak dipublikasikan).

Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Profil Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Jakarta : s.n., 2016 (Tidak dipublikasikan).

Arifin, Nawas. Penatalaksanaan TB MDR danStrategi DOTS Plus. Jakarta : Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI-RSUP Persahabatan, 2010.

Sri Melati Munir, Arifin Nawas, Dianiati K Soetoyo. Pengamatan Pasien Tuberkulosis Parudengan TB MDR di Poliklinik Paru RSUP Persahabatan. Jakarta : Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI-RSUP Persahabatan., 2010.

Reviono, P Kusnant, Vicki Eko, Helena Pakiding, Dyah Nurwididiasih. Multidrug Resistant Tuberculosis (MDR-TB): Tinjauan Epidemiologi dan Faktor Risiko Efek Samping Obat Anti Tuberkulosis. Bandung : Majalah Kedokteran, 2014.

Hastono, Sutanto Priyo. Modul Analisis Data. Fakultas Kesehatan Masyarakat : Universitas Indonesia, 2007.

Lapau, Buchari. Metode Penelitian Kesehatan (edisi revisi). Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015.

Janan, M. Faktor-faktor Risiko yang Berhubungan dengan Peningkatan Prevalensi Kejadian TB MDR di Kabupaten Brebes Tahun 2011-2017. Jakarta : Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 2019. 64-70..

Mekonnen, F., Tessema, B., Moges, F.,Gelaw, A., Eshetie, S., & Kumera, G. (2015). Multidrug resistant tuberculosis: prevalence and risk factors in districts of metema and west armachiho. Northwest Ethiopia. : BMC infectious diseases. Vol. 6 (4). 461.

Riswanti, Yuni. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dengan Kegagalan Konversi Penderita Tuberkulosis Paru Basil Tahan Asam (Bta) Positif Pengobatan Fase Intensif Di Kota Magelang Tahun 2013-2014 ( Skripsi). s.l. : Universitas Negeri Semarang, 2014.

Kusnanto, P., Eko, V., Pakiding, H., & Nurwidiasih, D. Multidrug resistant tuberculosis (MDR-TB): tinjauan epidemiologi dan faktor risiko efek samping obat anti tuberkulosis. Bandung : Majalah Kedokteran, (2014). Vol. 46 (4). 189-196..

Kementerian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Manajemen Terpadu Pengendalian Tuberkulosis Resisten Obat. Jakarta : Kemenkes RI, 2014.

Tirtana, B. T., & Musrichan, M. . Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengobatan pada pasien tuberkulosis paru dengan resistensi obat tuberkulosis di Wilayah Jawa Tengah (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine). 2011.

MULYANTO, H. Hubungan Antara 5 (Lima) Indikator Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dengan Tuberkulosis Multidrug Resistant (TB-MDR) DI RSU DR. Saiful Anwar Malang (Doctoral dissertation). s.l. : Universitas Airlangga, 2014.

PERKENI. Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia. Jakarta : PERKENI, 2015.

World Health Organization. Global Tuberculosis Report 2008. Geneva : WHO Press, 2008.

Niviasari, D. N., Saraswati, L. D., & Martini, M. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Kesembuhan Penderita Tuberkulosis Paru. s.l. : Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 2017. Vol. 3 (3).

Sarwani, D., Nurlaela, S., & Isnani, Z. A. Analisis faktor risiko multidrug resistant tuberculosis (MDR-TB) (Studi Kasus di BP4 Purwokerto). s.l. : JKM, 2013. Vol. 8 (1). 62-8.

Ti, T., Lwin, T., Mar, T. T., Maung, W., Noe, P., Htun, A., ... & Paramasivan, C. N. National anti-tuberculosis drug resistance survey, 2002, in Myanmar. s.l. : The International Journal of Tuberculosis and Lung Disease , 2006. Vol. 10 (10).

Arroso, E. C., Mota, R. M. S., Santos, R. O., Sousa, A. L. O., Barroso, J. B., & Rodrigues, J. L. N.B. Risk factors for acquired multidrug-resistant tuberculosis. s.l. : Jornal de Pneumologia, 2003. Vol. 29 (2). 89-97.




DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v12i1.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Petrus Geroda Beda Ama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats