Rancang Bangun Pemanggil Perawat Berbasis IP Address dengan ESP 32

Dionisius Rexynanda Murandyan, Abdul Firman

Abstract


Sistem nurse call yang selama ini ada di rumah sakit dianggap belum efisien karena banyaknya kabel yang dipakai pada alat tersebut, serta dalam pelayanan perawat terhadap pasien dianggap kurang efisien jika perawat tidak mengetahui kepentingan pemanggilan dalam tingkat darurat atau normal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang IP Nurse Call berbasis ESP 32 yang dibuat untuk memudahkan instalasi dengan tanpa menggunakan kabel, sistem monitoring dan notifikasi suara dapat dipantau pada halaman website dengan menggunakan system database MySQL yang terhubung dengan website. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC ( System Development Life Cycle ) dengan tahapan rencana, analisis, desain, pengembangan atau pembuatan, dan uji coba. Hasil dari penelitian ini alat bekerja dengan baik dan dari hasil kuisioner yang diisi 10 responden adalah alat mudah dipasang pada rumah sakit dengan hasil 50%, alat sangat mudah dikembangkan dengan hasil 54,5%, tampilan website terlihat cukup user friendly dengan hasil 63,6%, dan alat ini memudahkan perawat untuk memantau dari ruang perawat dengan hasil 45,5%.


Full Text:

PDF

References


Yusman, Rahmanita, MMRS drg Intan Kamala Aisyiah, and Program Studi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat. n.d. Sistem Perencanaan Rumah Sakit.

Ervianto, M. Denny, Zainal Abidin, and Affan Bachri. "Rancang Bangun Nurse Call (Pemanggil Perawat) Berbasis Internet Of Things (Iot)." SinarFe7 3.1 (2020).

Wijayanti, Dini. "Rancang Bangun Sistem Pemanggilan Darurat Pasien Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 14.1 (2019): 28-40.

Zen Munawar, S. T., et al. Keamanan Sistem Informasi: Prinsip Dasar, Teori, dan Rekayasa Penerapan Konsep. Kaizen Media Publishing, 2023.

Rozi, Mokhtar Fahrur. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kecepatan dan Daya Listrik Pada Motor Dengan Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Web. Diss. Universitas Muhammadiyah Gresik, 2021.

Saleh, Akuwan. "Workshop Aplikasi Mikroprosesor Dan Antarmuka." (2022).

Arifin, Jauhari, Leni Natalia Zulita, and Hermawansyah Hermawansyah. "Perancangan murottal otomatis menggunakan mikrokontroller arduino mega 2560." Jurnal Media Infotama 12.1 (2016).

Syahputra, Zulkhifli Cahyo, et al. "Pembuatan Website Responsif Berbasis Bahasa Pemrograman HTML dan CSS di PT. Hore Indonesia." Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 2. No. 1. 2023.

Sugiyanto, Sugiyanto, and Annas Marzuki Sulaiman. "Perancangan Web Sebagai Media Penjualan Online Hasil Karya Mahasiswa Desain Komunikasi Visual-S1 Universitas Dian Nuswantoro." Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi. Vol. 1. No. 1. 2019.

Huri, Ahmad. Rancangan Implementasi Internet Of Things (Iot) Pada Pengoprasian Kendali Lampu Rumah Berbasis Perintah Suara Dan Tombol Digital Menggunakan Modul Nodemcu ESP8266 V. 3. Diss. STMIK AKAKOM Yogyakarta, 2020.

Simanjuntak, Rahman Saputra. Rancang Bangun Saklar Otomatis Alarm Saat Terjadi Gempa Bumi Berbasis Arduino Nano. Diss. Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara, 2023.

Salunkhe, AS, Kanse, YK, & Patil, SS 2022, 'Internet of Things based Smart Energy Meter with ESP 32 Real Time Data Monitoring', … International Conference on …, ieeexplore.ieee.org, https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9752144/

Shukla, A, & Diwan, R (2021). IoT based load automation with remote access surveillance using ESP 32 Camand ESP 8266 module. Annals of the Romanian Society for Cell …, annalsofrscb.ro, http://annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/2205

Fadilla, R, Idhil, ANII, Anggraini, MAP, & ... 2020, 'A Multifunction Infant Incubator Monitoring System with Phototherapy and ESP-32 Based Mechanical Swing', … Journal of Science …, ijstm.inarah.co.id, https://ijstm.inarah.co.id/index.php/ijstm/article/view/93

Fandidarma, B, Laksono, RD, & ... 2021, 'Rancang Bangun Mobil Remote Control Pemantau Area berbasis IoT menggunakan ESP 32 Cam', … Electr. Eng. Artic, pdfs.semanticscholar.org, https://pdfs.semanticscholar.org/c64d/6dbda3bda1f5cf47c50cd0a43da85c345f42.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dionisius Rexynanda Murandyan, Abdul Firman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats