Rancang Bangun Pengukur Berat Badan dan Tinggi Badan Bayi Dilengkapi IoT dan Penyimpanan Database

Alberto Prendy, Lili Ruhyana

Abstract


Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah gizi, termasuk peningkatan akses ke fasilitas kesehatan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan posyandu yang melibatkan pengukuran berat badan dan tinggi badan bayi sebagai alat pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak serta deteksi dini masalah gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi alat pengukur berat badan dan tinggi badan bayi yang dilengkapi dengan Internet of Things (IoT) dan penyimpanan database sebagai alat untuk mengukur status gizi balita. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang melibatkan tahap perencanaan, analisis, desain, pembangunan, dan pengujian alat timbangan. Tujuan dari pengembangan alat ini adalah memungkinkan pengukuran berat badan, panjang badan, dan status gizi secara bersamaan secara langsung dan secara real-time, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam layanan posyandu dan puskesmas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sensor Loadcell memiliki tingkat kesalahan yang rendah, berkisar dari 0,0005% hingga 0,016%, sementara sensor HC-SR04 memiliki kesalahan yang lebih tinggi, berkisar dari 0,02% hingga 0,3%. Ini menunjukkan bahwa sensor Loadcell lebih akurat dalam pengukuran berat badan dan tinggi badan bayi. Selain itu, alat ini juga mampu menyimpan data status gizi secara real-time, yang memungkinkan pemantauan yang lebih efisien dan akurat terhadap perkembangan anak-anak. Dengan demikian, inovasi ini dapat menjadi alat yang berpotensi membantu dalam upaya peningkatan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


WHO. Simplified field tables. (2019). Available from: https://data.unicef.org/wpcontent/uploads/2019/04/JME_Country_Estimates_May_2023.xlsx

Delima Hutapea, Adventina. (2022). 1000 Hari Pertama Kehidupan: Nutrisi Dan Tumbuh Kembang Anak

Wahyu Jatmika, Adhimas. (2021). Rancang Bangun Alat Ukur Berat Dan Tinggi Badan Bayi Umur 1-12 Bulan Di Posyandu Berbasis Web.

Kementrian Bappenas. (2019). Evaluasi rpjmn 2015-2019. Available from: https://perpustakaan.bappenas.go.id/e-library/file_upload/koleksi/migrasi-data-publikasi/file/Evaluasi_Perencanaan_Pembangunan/Evaluasi%20Akhir%20RPJMN%202015-2019.pdf

Merta Kusuma, Reni. (2018). Antropometri Pengukuran Status Gizi Anak Usia 24-60 Bulan Di Kelurahan Bener Kota Yogyakarta.

Imam Syukron. (2021). Penggunaan Aplikasi Blynk untuk Sistem Monitoring dan Kontrol Jarak Jauh pada Sistem Kompos Pintar berbasis Iot

Sumardilah DS, Rahmadi A. (2019). Risiko Stunting Anak Baduta (7-24 bulan).

Sardi J, Risfendra H. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Pertumbuhan Berat dan Tinggi Balita Berbasis Data pada Posyandu.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Standar Antropometri Anak. Available from : https://upk.kemkes.go.id/new/kementerian-kesehatan-rilis-hasil-survei-status-gizi-indonesia-ssgi-tahun-2022

Soleh Rudi Hartono, Umi Fadillah GA. (2019). Rancang Bangun Alat Ukur Suhu, Panjang, Berat, serta Lingkar Kepala Bayi Berbasis Arduino Mega 2560.

Fajri N, -W. (2020). Rancang Bangun Alat Ukur Tinggi Dan Berat Badan Bayi Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Sensor Fototransistor. J Fis Unand.

Akbar WA, Rachmat HH. (2018). Rancang Bangun Sistem Pengukur Massa Tubuh dan Panjang Badan Elektronik Terintegrasi untuk Evaluasi Gizi Balita.

Noviardi N, Aperta A. (2018). Perancangan Aplikasi Timbangan bayi pada Posyandu dengan Standar Antropometri WHO 2005 Menggunakan Arduino Uno R3, Ms.Visual Studio. Net 2010 dan MyS QL. J CoreIT J Has Penelit Ilmu Komput dan Teknol Inf. 2018.

Agus Awidya Dwi Prabawa. (2018). Otomasi Alat Ukur dan Pencatat Otomatis Tinggi dan Berat Bayi Berbasis Arduino Uno.

Suryowidodo EP. 2021 Instrumentasi Pengukuran Berat Bedan dan Lingkar Kepala Bayi Berbasis Atmega 16; Available from: http://bawontriatmoko-today.blogspot.com/2011/07/sumber-informasi-ilmiah.html

Murti FH, Djalal D, Riyanto E, Ikomp M, Suhartono D, Kom M. (2020). Aplikasi Berbasis Web Untuk Pemantauan Status Gizi dan Tumbuh Kembang Anak Berdasarkan Data Antropometri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alberto Prendy, Lili Ruhyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats