Prototipe Alat Ukur Tinggi Badan Digital dan Timbangan Digital Menggunakan Sistem Database Mysql dan RFID untuk Medical Check Up

Arierta Pujitresnani, Deovani Rahmat Atmaja, Danang Kritoko Legowo

Abstract


Latar belakang : MedicalCheckUp adalah kegiatan untuk pengecekan kondisi kesehatan. Pengukuran tinggi dan berat badan adalah salah satu pemeriksaan MedicalCheckUp mendasar. MedicalCheckUp untuk karyawan dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui kondisi kesehatan dari pekerjanya, serta sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tujuan: Penelitian ini untuk merancang prototipe alat tinggi badan digital dan timbangan digital untuk kegiatan MedicalCheckUp menggunakan sistem databaseMySQL dan RFID. Metode : Metode System Development Life Cycle(SDLC) adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sebuah system : rencana (planning), analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), dan uji coba (testing). Hasil : Nilai Error Timbangan Digital 0,002 %. Nilai Error Tinggi Badan 0,003 %. Kesimpulan : Prototipe Tinggi badan dan berat badan dan sistem database berfungsi dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang RI No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per. 02/Men/1980 Pasal 3 ayat (2).

Zakariyah, Ahmad. Ambarkahi, Ratih Puspitorini Yekti dan Kurniawati, Dewi. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Ptpn Xi PgAsembagus Kabupaten Situbondo. Program Studi Manajemen Agribisnis. Jurusan Manajemen Agribisnis Politeknik Negeri Jember. 2017.

Prastiwi, Evi Dwi. Agustina, Wiwik dan Fatmawati, Diana Noor. Pengaruh Obesitas Sentral Terhadapa Status Kesehatan Karyawan STIKES Maharani Di Kota Malang. STIKES Maharani Malang. 2018.

Iqbal, Septendly. Alur Pelaksanaan MedicalCheckUp, 2015.

Fitri, Fiazatul, dan Wildan. Rancang Bangun Modul Alat Ukur MedicalCheck-Up Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535, 2015.

dr. Willy, Tjin. 2018. MedicalCheckUp, Ini yang Harus Anda Ketahui. https://www.alodokter.com/medical- check-up-ini-yang-harus-anda-ketahui. (Diakses Tanggal 11 November 2019).

I Gusti Putu Ngurah Adi Santika dan Subekti, Maryoto. Hubungan Tinggi Badan Dan Berat Badan Terhadap Kelincahan Tubuh AtlitKabaddi. Program Sudi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. FPOK IKIP. PGRI Bali. 2020.

Saputro, Tedy Tri. 2017. Mengenal NodeMCU: Pertemuan Pertama. https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/. (Diakses Tanggal 12 November 2019).

Freaks, Elec. 2013. UltrasonicRangingModule HC-SR04. https://www.electroschematics.com/wp- content/uploads/2013/07/HCSR04-datasheet-version-1.pdf. (Diakses Tanggal 12 November 2019).

Electronics, Hobby. 2013. RC522 RFID Module 13,56MHz.http://www.hobbytronics.co.uk/mfrc522- reader. (Diakses Tanggal 12 November 2019).

Diakses tanggal 12 Juni 2020.https://ruangguru.co/pengertian-xampp/#Kelebihan_XAMPP

Yasin. 2019. Pengertian MySQL, Fungsi, dan Cara Kerjanya (Lengkap). https://www.niagahoster.co.id/blog/mysql-adalah/#Pengertian_MySQL. (Diakses Tanggal 12 November 2019).

Stansyah, Rahmawati Erma dan N.S Restu,Intannia Sari. Implementasi PhpMyAdmin Pada Rancang Sistem Pengadministrasian. Universitas Dr.Soetomo.

Diakses Tanggal 12 Juni 2020. www.indo-ware.com_loadcell_hx711


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arierta Pujitresnani, Deovani Rahmat Atmaja, Danang Kritoko Legowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats