Simulasi Blanket Warmer dengan Monitoring Suhu Berbasis Android

Abdul Firman, Kinanti Tiara Hafitri, Danang Kritoko Legowo

Abstract


Latar Belakang: Anestesi umum atau total ini menyebabkan pasien dalam keadaan tidak sadar sehingga pasien sulit mengontrol fungsi tubuh. Akibatnya rentan mengalami penurunan suhu tubuh selama proses pembedahan maupun setelah proses pembedahan. Pada penelitian ini, penulis melakukan pembuatan simulasi alat blanket warmer dengan monitoring suhu berbasis android .

Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mempermudah user memonitoring suhu blanket warmer dengan berbasis android.

Metode: Metode penulisan yang digunakan yakni metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan menganalisa kebutuhan spesifikasi alat, mendesain alat dengan membuat blok diagram serta flow chart, membuat kontruksi, menguji hasil dan menganalisa kinerja alat. Uji kinerja alat dilakukan dengan mengukur suhu pada alat blanket warmer pada titik setting 36℃, 40℃, 44℃ dan membandingkannya dengan alat digital thermometer.

Hasil: Pada alat Blanket Warmer ini menggunakan sensor suhu DS18B20 sebagai sensor suhu. Hasil nilai koreksi yang sudah diukur alat ini memiliki nilai koreksi  yang terjadi pada pengujian suhu 36˚C sebesar 0,25˚C, suhu 40˚C sebesar 0.13˚C, suhu 44˚C sebesar 0.06˚C untuk itu alat ini masih bisa digunakan. Tapi modul alat alat memiliki persentase dan memiliki relatif error sebesar 0.0001%  sampai 0,00067% dari perbandingan antara alat kalibrator digital thermometer dengan modul blanket warmer.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Firman, Kinanti Tiara Hafitri, Danang Kritoko Legowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Kesehatan Masyarakat Perkotaan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats