Analisis Pengaruh Sosial Media dan Packaging Produk Terhadap Peningkatan Penjual Peyek Mak Eha di Online Shop

Ultach Enri, Chaerur Rozikin, Yuyun Umaidah, Hannie Hannie

Abstract


Pada era perkembangan industri digital, banyak sekali UMKM yang bermunculan dan berkembang beriringan dengan inovasi digital. UMKM menjadi salah satu bidang usaha yang mudah dikembangkan oleh masyarakat, terutama masyarakat daerah untuk membuat suatu produk dengan ciri khas dari asal daerah yang mereka tempati. Peyek Mak Eha, menjadi salah satu bentuk UMKM yang membuat produk khas desa Malangsari Kecamatan Pedes dengan memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi. Tak hanya itu, Peyek Mak Eha membuat suatu ciri khas dari produk mereka dengan mengubah Packaging dari produk agar terlihat berbeda dengan produk pesaing dan lalu kami menjual hasil dari inovasi tersebut kedalam e-commerce Shopee sebagai media penjualannya.  Kami menggunakan metode dengan sosialisasi serta pendekatan langsung kepada pelaku usaha sehingga pelaku usaha menyetujui ide kami untuk memperluas pangsa pasar dari Peyek Mak Eha ini. Dari hasil tersebut, kami memperoleh trend positif dalam penjualannya dengan mengalami beberapa peningkatan penjualan yang cukup signifikan.


Full Text:

PDF

References


Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251

Santia, T. (2022, August 8). 9,5 Juta UMKM Sudah Masuk Ekosistem Digital hingga Juni 2022. Liputan 6. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/5036387/95-juta-umkm-sudah-masuk-ekosistem-digital-hingga-juni-2022

Septiyadi, A. L., & Dirgantara, I. M. B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 1–31.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Wahyudi, T., R, B. H., & Sarmo, S. (2019). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN REMAJA KOTA MATARAM PADA PEMBELIAN PRODUK FASHION SHOPEE ONLINE SHOP. Jurnal Riset Manajemen, 1–7.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). DIGITAL MARKETING. Edulitera.

Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan Electronic Commerce (E-Commerce) di Indonesia, (December), 1–10. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/311650384




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i1.1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ultach Enri, Chaerur Rozikin, Yuyun Umaidah, Hannie Hannie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats