Perancangan Aplikasi Pencarian Lokasi Kerja Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) Pada PT.Kusri Teknik Abadi

Authors

  • Sondang Sibuea Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Muhammad Amin Sakaria Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Dedi Setiadi Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Agung Fadillah Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Fitriansyah Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Ari Bayu Untoro Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.857

Abstract

Pekerjaan di PT Kusri Teknik Abadi selalu berpindah pindah tempat dari satu lokasi kerja ke lokasi kerja lainnya. Setiap berpindah lokasi kerja, terkadang karyawan tersebut selalu kebingungan mencari lokasi kerja baru yang telah ditentukan oleh team leader, apalagi jika ternyata karyawan tersebut baru dan atau tidak begitu hafal wilayah tersebut. Hal ini akan sangat menyulitkan, membuang waktu dan membuat pekerjaan menjadi tidak optimal karena waktu banyak terbuang dijalan. Saat ini teknologi berkembang pesat. Dengan menggunakan sistem informasi geografis dan sistem navigasi media layanan internet atau GPS yang terdapat pada platform smartphone android, Google Maps dan Layanan Google yang merupakan produk virtual peta, gratis dan online.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian data secara garis besar menggunakan kelompok, yaitu: observasi, wawancara dan studi kepustakaan.

 Pada penilitian ini, peneliti membuat automatic geographic information system pencarian lokasi kerja berbasis sistem informasi geografis (SIG)  pada PT Kusri Teknik Abadi. Dalam uji coba yang dilakukan aplikasi ini dapat mempermudah karyawan menemukan lokasi kerja di PT Kusri Teknik Abadi.

Author Biographies

Sondang Sibuea, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Teknik Informatika

Muhammad Amin Sakaria, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Sistem Informasi

Dedi Setiadi, Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Agung Fadillah, Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

References

Andrian, M. A. (2019). Perancangan Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Java di SMP AT-Taqwa Kec. Sawah Besar Jakarta. Jurnal String, 267-273.

Astuti, D., & Salisah, F. N. (2016). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual. Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 44-49.

Brillianto, E., Suprayogi, A., & Yuwono, B. D. (2018). Aplikasi Peta Wisata Berbasis Mobile GIS Pada Smartphone Android (Studi Kasus Desa Guci, Kabupaten Tegal). Jurnal Geodesi Undip, 98-106.

Dewi, M. A., Anggraeni, V. D., Mudjadi, S. A., & Wicaksono, A. (2014). Aplikasi Rekapitulasi Elektronik Absensi Guru & Pegawai (Area-GP) Pada SMA. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 330-334.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Jakarta: Deepublish.

Kharistiani, E., & Aribowo, E. (2013). Sistem Informasi Geografis Pemetaan

PotensiSMA/SMK Berbasis Web (Studi Kasus : Kabupaten Kebumen). Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 712-720.

Muhamad, M., & Oktavianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Mulyadi. (2014). Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Informatika.

Pelupessy, A. M., Rindengan, Y. D., & Manembu, P. D. (2016). Aplikasi Pemetaan Bangunan Berizin Di Kota Manado. Jurnal Teknik Informatika, 1.

Prayudi, A., Yudhana, A., & Umar, R. (2019). Implementasi Google Maps Pada Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Dompu Menggunakan Model Software Development Life Cycle (SDLC). Mobile and Forensics, 2-11.

Safaat, N. (2018). Pemrograman Aplikasi Mobile Berbasis Android Revisi Ketiga. Bandung: Informatika.

Salamadian. (2019, Oktober 23). Pengertian Android : Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi Android. Retrieved from Salamadian muda dan berilmu: https://salamadian.com/pengertian-android/

Sumardi, & Murdowo, S. (2016). Rancang Bangun Sistem Mobile Tracking Untuk Penelusuran Alumni Dengan Menggunakan Media Google Map API dan SMS Tracing. AMIK Jakarta Teknologi Cipta, 69-78.

Suryantara, I. G. (2017). Merancang Aplikasi dengan Metedologi Extreme Programmings. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sutabri, T. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Tumimomor, M., Jando, E., & Meolbatak, E. (2013). Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Kupang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 142-152.

Wibowo, K. M., Kanedi, I., & Jumadi, J. (2015). Sistem Informasi Geografis (SIG) Menentukan Lokasi Pertambangan Batubara di Provinsi Bengkulu Berbasis Web. Media Infotama, 51-60.

Zakky. (2017, Desember 13). Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Beserta Definisi & Konsepnya. Retrieved from www.zonareferensi.com: https://www.zonareferensi.com/pengertian-geografi/

Zendrato, N., & Ginting, S. B. (2017). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Rumah Makan (Studi Kasus Pada : Wilayah Medan Kabanjahe). Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Kristen Neumann Indonesia, 24-29.

Downloads

Published

2022-03-30

Citation Check