Teknologi Kontrol Lampu dan Kunci Rumah Berbasis IoT

Authors

  • Ahmad Fitriansyah Fakultas Komputer, Universitas MH Thamrin Jakarta, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-7743-2077
  • Mochammad Riyan Suryanto Fakultas Komputer, Universitas MH Thamrin Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v7i1.505

Abstract

Internet of Things (IoTs) adalah bagaimana menghubungkan benda sehari-hari seperti smartphone, internet TV, dan sensor ke internet dimana perangkat dihubungkan bersama yang memungkinkan bentuk-bentuk baru komunikasi antara benda tersebut dengan manusia, dan antar benda-benda itu sendiri. Teknologi IoT dapat diaplikasikan untuk menciptakan konsep dan pengembangan terkait smarthome untuk memberikan kenyamanan penghuninya. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan modul wifi NodeMCU ESP8266 untuk smarthome guna membantu meningkatkan keamanan, efisiensi dan memberikan kenyamanan kepada pengguna karena beberapa alat dirumah dapat dikontrol secara remote dan realtime. Hasil penelitian ini NodeMCU ESP8266 menerima masukan dari relay untuk mengontrol lampu dan kunci rumah sesuai dengan kondisi relay dan selenoid, NodeMCU dapat mengontrol relay untuk kondisi lampu dan solenoid aktif atau tidaknya, kemudian aplikasi menampilkannya dalam bentuk halaman web dan dari web di panggil dengan menggunakan aplikasi android yang sudah terinstal di smartphone penghuni, NodeMCU berhasil membaca data yang dikirim oleh pengguna berupa kondisi untuk mematikan atau mengaktifkan lampu dan kunci pintu melalui relay.

References

Fitriansyah, A., Chairunnissa, Sopian, A., & Narji, M. (2019). Teknologi Bluetooth Dan Arduino Untuk Sistem Pengunci Pintu. Informatics for Educators and Professionals, Vol.4 No.1, 4(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/1146/1056

Girsang, Z., & Ritonga, W. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengontrol Lampu Otomatis Berbasis Arduino Uno R3 dan Smartphone. EINSTEIN (e-Journal), 7(1), 32–39. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/einstein.v7i1.12496

Mulyanto, A., Nurhuda, Y. A., & Khoirurosid, I. (2017). Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Smartphone Android. Jurnal Teknoinfo, 11(2), 48–53.

Shneiderman, B., Plaisant, C., Cohen, M., Jacobs, S., Elmqvist, N., & Diakopoulos, N. (2016). Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction (6th Editio). Essex UK: Pearson.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-03-26

Citation Check