Perancangan Sistem Informasi Feelight Moment Wedding Organizer dengan Framework Laravel

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v10i1.2121

Abstract

Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru dan salah satu peluang tersebut adalah wedding organizer (WO). Penelitian ini bertujuan untuk untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi pemesanan jasa wedding organizer Feelight Moment berbasis Website di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode prototype dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran langsung setiap tahapan proses pengembangan sistem antara tim system developer dan,client disertai beberapa ekperimen langsung. Setiap tahapan dalam perancangan sistem akan di diskusikan antara tim pengembang dan pengguna dengan melakukan percobaan sesuai ide yang berkembang untuk menghasilkan model akhir desain sistem yang diharapkan. Pengujian yang digunakan adalah pengujian dengan metode Blackbox untuk mengetahui fungsionalitas dari persepktif pengguna akhir. Dengan rancangan sistem informasi berbasis website ini diharapkan membantu atau mempermudah calon costumer yang akan melakukan pemilihan paket wedding yang disediakan oleh WO Feelight Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan WO Feelight Moment melalui website dengan framework Laravel dapat digunakan untuk pengolahan data pemesanan paket pernikahan oleh custumer, pengajuan layanan kerjasama dari vendor dengan lebih praktis dan akurat, client management, vendor management, dan finance untuk mencetak laporan pemesanan jasa dan transaksi vendor

References

Agustin, D., & Bani, A. U. (2020). Perancangan Sistem Informasi Jasa Wedding Organizer pada CV. Boganesia Jaya Berbasis Web. Jurnal Jaring Saintek, 2(2), 15-24.

Aulianita, R. (2019). User Center Design Dalam Membangun Wedding Organizer Berbasis Website. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information Management, 4(1), 31-40.

Firma Sahrul, B., Safi’ie, M. A., & Wa, O. D. (2016). Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. TRANSFORMASI, 12(1).

Gunawan, I. M. A. O., Indrawan, G., & Sariyasa, S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Kemajuan Akademik Menggunakan Model Incremental Berbasis Evaluasi Usability Dan White Box Testing. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 4(1), 67-78.

Kristin, D. M., & Lisanti, Y. (2014). Wedding Organizer Order Management. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 839-850.

Maiyana, E. (2019). Penyewaan Online Wedding Organizer Berbasis Web. Jurnal Sains dan Informatika: Research of Science and Informatic, 5(1), 24-30.

Palupi, S. D. A., & Pakereng, M. A. I. (2023). Sistem Informasi Booking Wedding Organizer Berbasis Website pada Max Entertaiment Kudus. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 7(1), 35-44.

Purnomo, D. (2017). Model prototyping pada pengembangan sistem informasi. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2).

Sarwindah, S., Marini, M., & Yusnia, Y. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Aplikasi Rental Mobil Berbasis Android dengan metode PIECES. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 10(1), 17-24.

Wulandari, V. J., Purnama, D. G., Khan, A. A., Juniar, E. D., & Islamiyati, D. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Pariwisata Wilayah Ciayumajakuning Berbasis Website. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 10(1), 1-16

Downloads

Published

2024-03-30

Citation Check