Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sobat IndiHome Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS)

Authors

  • Adrian Felix Universitas Bina Darma, Indonesia
  • Mohamad Farozi

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1813

Abstract

Aplikasi Sobat IndiHome merupakan layanan produk IndiHome dengan sistem baru yang dimiliki oleh telkomsel. Aplikasi Sobat Indihome menerima respon keluhan dari pengguna terhadap ketidakpuasan pada proses pemasangan yang masih sangat lama, termasuk untuk menangani pengecekan jaringan IndiHome. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat usability kepuasan pengguna terhadap kualitas Aplikasi Sobat IndiHome dengan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengukuran dari metode SUS pada penelitian ini berfokus pada acceptability, grade scale, dan adjective rating. Dalam menentukan hasil skor SUS maka hasil dari kuesioner yang telah diisi oleh 30 responden direkapitulasi. Dalam perhitungan SUS digunakan lima skala Likert. Responden diminta untuk memberikan 10 pernyataan SUS yang sesuai dengan pengukuran subjektifnya. Kuesioner SUS ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna pada suatu produk. Setiap item pernyataan memiliki skor kontribusi yang berkisar dari antara 0 hingga 4. Hasil akhir pengukuran tingkat usability kepuasan pengguna berada pada skor range 51-71 dengan hasil grade scale 68 dan pada tingkat penerimaan pengguna termasuk dalam kategori kelas D dengan arti Marginal sehingga pada aplikasi Sobat IndiHome ini masih dapat diterima. Versi Adjective Rating dengan Skor SUS sebesar 68 termasuk kedalam kategori Ok, bahwa aplikasi Sobat IndiHome ini dapat diterima oleh penggunanya namun masih perlu dilakukan perbaikan. Peneliti menyarankan pengembang Aplikasi Sobat IndiHome dapat melakukan kajian ulang mengenai aspek-aspek yang membuat rendahnya tingkat kepuasan pada Aplikasi Sobat IndiHome baik dari segi fitur dan segi Informasi.

References

Blattgerste, J, Behrends, J, & Pfeiffer, T (2022). A web-based analysis toolkit for the system usability scale. Proceedings of the 15th …, dl.acm.org, https://doi.org/10.1145/3529190.3529216

Brooke, J. (2020). Machine Translated by Google SUS - Skala kegunaan cepat dan kotor Abstrak. November 1995.

Devi, E. M. (2020). Laporan Praktik Kerja Lapangan Di Telkom.

Dewi Astuti. (2022). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.181

Gao, M, Kortum, P, & Oswald, FL (2020). Multi-language toolkit for the system usability scale. International Journal of Human …, Taylor &Francis, https://doi.org/10.1080/10447318.2020.1801173

Hamzah, H., & Aspiranti, T. (2019). Analisis Kualitas Layanan Pendidikan dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Siswa. 470–474.

Kaya, A, Ozturk, R, & Gumussoy, C Altin (2019). Usability measurement of mobile applications with system usability scale (SUS). … Engineering in the Big Data Era …, Springer, https://doi.org/10.1007/978-3-030-03317-0_32

Lewis, JR (2018). The system usability scale: past, present, and future. International Journal of Human–Computer Interaction, Taylor &Francis, https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1455307

Lewis, JR, & Sauro, J (2018). Item benchmarks for the system usability scale.. Journal of Usability Studies, uxpajournal.org, http://uxpajournal.org/wp-content/uploads/sites/7/pdf/JUS_Lewis_May2018.pdf

Pal, D, & Vanijja, V (2020). Perceived usability evaluation of Microsoft Teams as an online learning platform during COVID-19 using system usability scale and technology acceptance model in …. Children and youth services review, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0190740920313992

Revythi, A, & Tselios, N (2019). Extension of technology acceptance model by using system usability scale to assess behavioral intention to use e-learning. Education and Information technologies, Springer, https://doi.org/10.1007/s10639-019-09869-4

Saputra, A (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, journal.sekawan-org.id, https://journal.sekawan-org.id/index.php/jtim/article/view/50

Telkom.co.id. (2023). Percepat Pemerataan Konektivitas Digital Indonesia, Telkom Resmi Integrasikan IndiHome ke Telkomsel.Telkom.Co.Id. https://www.telkom.co.id/sites/wholesale/id_ID/news/percepat-pemerataan-konektivitas-digital-indonesia,-telkom-resmi-integrasikan-indihome-ke-telkomsel-2025

Utama, N. P., & Indriani, F. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Ojek Online Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Riset Informatika, 1(3), 139–146. https://doi.org/10.34288/jri.v1i3.39

Veni, M. (2020). Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile acc. One menggunakan system Usability Scale (Sus) Dan Usability Testing.

Downloads

Published

2023-09-30

Citation Check