Penerapan Metode User Centered Design pada Rancangan User Interface Marketplace Pemasaran Produk Olahan Magot BSF pada Koperasi Peternak Magot Kabupaten Bekasi

Authors

  • Irfan Afriantoro Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Wahyu Hadikristanto Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1680

Abstract

Produk olahan Magot BSF memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu peningkatan kualitas ketahanan pangan. Hasil panen dalam budidaya Magot BSF ini membutuhkan media pemasaran yang praktis. Perlu adanya peningkatan permintaan masyarakat akan produk hasil olahan Magot BSF. Salah satu upayanya adalah memperluas distribusi hasil Magot olahan dan menembus pasar melalui perancangan user interface sistem distribusi hasil Magot olahan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah User Centered Design (UCD) dengan filosofi desain yang menempatkan user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Pendekatan UCD didukung oleh teknik, alat, prosedur, dan proses yang membantu merancang sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna. Berdasarkan pengujian usability yang menggunakan sistem skala usability, model user interface marketplace pemasaran hasil olahan Magot BSF ini dinilai dengan hasil sebesar 86,5%. Sehingga mockup desain user interface marketplace ini sudah mendapat peringkat sebagai user friendly yang ditunjukkan dengan kegunaan fungsionalitas yang tinggi dan sesuai dengan rancangannya.

References

A. Mufti, D. Novianti, and D. Anjani, (2017). Analisis Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Jual Beli Hasil Pertanian Berupa Beras, Semnasteknomedia Online, vol. 5, no. 1, pp. 2-3–13.

E. P. Sari and E. Pudjiarti, (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Jasa Percetakan Berbasis Website Studi Kasus: CV. Prima Framedia, JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 2, no. 4, pp. 229–236, doi: 10.35746/jtim.v2i4.112.

I. S. Widianti, (2019). Pengembangan E-Commerce Produk Fashion Menggunakan Metode User Centered Design,†J. IT CIDA, vol. 5, no. 2, pp. 31–43.

I. S. Yatana Saputri, M. Fadhli, and I. Surya, (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web, J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 269–278.

Lukmansyah, N., Natsir, F., & Sutrisno, S. (2022). Aplikasi Pengelolaan Aset Pada CSIS Indonesia. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

M. E. Manalu, E. Renta, O. Simanjuntak, R. Rin, and M. Salim, (2021). Analisis Dan Perancangan Website Penjualan Kosmetik Beautycare, Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 5, no. 2, pp. 16–22, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/10906/473.

Putra Paskalis, Hetti Hidayati dan Eko Darwiyanto, (2015). Implementasi User Centered Design untuk Merancang Antarmuka Sistem Informasi pada PT. Pos Indonesia, Vol.1, No.1.

S. Handayani, (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,†Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189.

S. Larno, M. Razi, and P. Anggraini, (2019). Implementasi Website Promosi Dan Penjualan Pada Asosiasi Pedagang Sepatu Dan Tas Kota Padang, J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 38–46, doi: 10.47233/jteksis.v1i1.5.

S. R. Henim, R. A. Putri, and R. P. Sari, (2019). Analisis Usability Existing Product dan Development Product Menggunakan PendekatanUser Centered Design pada E-Commerce, SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, p. 93.

Zahara, (2013). Perancangan Aplikasi E-Commerce penjualan sparepart forklift dengan metode UCD, Pelita Informatika Budi Darma, Vol 2, p2-5.

Downloads

Published

2023-03-30

Citation Check