Perancangan Animasi Edukatif Membaca dengan Model Iteratif System Development Live Cycle (SDLC)

Authors

  • Firstianty Wahyuhening Fibriany Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Baginda Oloan Lubis Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-6839-9287
  • Bibit Sudarsono Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Agus Salim Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Budi Santoso Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Rahmat Tri Yunandar Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1582

Abstract

Pembelajaran di Taman Kanak-kanak yang mensyaratkan bahwa tanggap teknologi berkaitan dengan permasalahan stimulasi perkembangan kemampuan membaca menggunakan animasi interaktif menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk digunakan. Melalui kegiatan penggunaan mouse dan tombol keyboard, anak-anak diajak untuk mengaktifkan koordinasi mata dan tangannya serta tanggap terhadap simbol-simbol huruf. Untuk menyampaikan materi yang relevan yang tidak menghilangkan unsur permainan dengan materi yang disampaikan diperlukan media animasi edukatif yang akan membantu guru dan siswa dalam pembelajaran membaca. Melalui penggunaan animasi edukatif ini materi membaca pada anak usia taman kanak-kanak diharapkan mampu tersampaikan tanpa harus menghilangkan prinsip-prinsip pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model iteratif System Development Life Cycle (SDLC), sedangkan untuk pemodelan datanya menggunakan metode pemodelan berbasis flash dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengimplementasi adalah Adobe flash player CS5 yang digunakan untuk merancang animasi, Adobe Photshop CS6 untuk mengedit gambar atau teks dan Adobe Soundbooth untuk mengedit suara. Hasil penerapan animasi interaktif pembelajaran ini menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan untuk media pembelajaran yang baik dan menarik bagi anak-anak. Dengan menggunakan animasi edukatif media pembelajaran ini akan membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi terhadap siswanya. Berdasarkan pengujian white box aplikasi telah layak dan memenuhi syarat efektifitas. Berdasarkan pengujian black box dipastikan bahwa suatu event atau masukan akan menjalankan proses yang tepat dan menghasilkan output yang sesuai dengan rancangan.

Author Biographies

Firstianty Wahyuhening Fibriany, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

Baginda Oloan Lubis, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

Bibit Sudarsono, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

Agus Salim, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

Budi Santoso, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

Rahmat Tri Yunandar, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Teknik dan Informatika

References

Karo-karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom, VII(1), 91–96.

Kristiani, Niluhb (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Media Film Animasi Edukatif Untuk Anak Usia Dini., repo.undiksha.ac.id, https://repo.undiksha.ac.id/ id/eprint/4469

Lubis, B. O., & Salim, A. (2016). Aplikasi Android Untuk Menentukan Jarak Terpendek Antar Terminal di Jakarta. SENSITif 2016, April, 87–100.

Lubis, B. O., Taufiq, G., Salim, A., & Santoso, B. (2020). Penerapan Model Iteratif pada Animasi Edukatif Pengenalan Aksara Mandailing sebagai Pelestarian Warisan Budaya Bangsa. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 34–45. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.665

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Pratala, C. T., Asyer, E. M., Prayudi, I., & Saifudin, A. (2020). Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 111. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4713

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 34. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf

Salim, A., Lubis, B. O., Jefi, J., Atmaja, J., & Fibriany, F. W. (2021). Perancangan Sistem Informasi Layanan Umroh Pada Pt. Galang Saudi Tourism Jakarta Berbasis Website. Bina Insani Ict Journal, 8(1), 1–11.

Santoso, B., & Lubis, B. O. (2019). Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Museum Sejarah Jakarta Berbasis pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Sintak 2019, 145–157. https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/ view/7579

Suhendar, A., & Mustofa, Z. (2014). Media Pembelajaran Mengenal Bentuk Dan Warna Berbasis Multimedia Pada Ra Al A’raaf. ProTekInfo(Pengembangan Riset Dan Observasi Teknik Informatika), 1(September), 68–70. https://doi.org/10.30656/protekinfo.v1i0.35

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Informatika.

Syaputra, H. F., & Lubis, B. O. (2015). Sistem Informasi Pembelian Rumah Kredit Berbasis Web. Seminar Nasional Inovasi Dan Tren (SNIT) 2015, 125–133. http://seminar.bsi.ac.id/snit/index.php/snit-2015/article/view/125/123

Zhufora, HA, Lukitasari, EH, & Anwar, AK (2019). Perancangan Animasi Motion Graphic Edukatif Tentang Stop Bullying untuk Anak-Anak., repository.usahidsolo.ac.id, http://repository.usahidsolo.ac.id/401/

Downloads

Published

2023-09-30

Citation Check