Evaluasi Manajemen Layanan Teknologi Informasi menggunakan Itil V4

Authors

  • Ambar Fisty Setyaningsih Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia
  • Wahyu Adi Prabowo Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia
  • Yudha Saintika Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1375

Abstract

Implementasi teknologi informasi pada sektor pelayanan publik memiliki pengaruh yang besar untuk mendukung terciptanya pemerintahan yang baik. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas merupakan instansi pemerintahan yang menerapkan pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pelayanan publik. Dalam penerapannya terdapat beberapa permasalahan seperti dari sisi kebijakan yang berubah, sumber daya manusia, kepemimpinan, dan dari sisi teknis yang menyebabkan menjadi kurang optimalnya penerapan e-government melalui teknologi informasi. Oleh karena itu diperlukan evaluasi layanan teknologi informasi, sesuai dengan peraturan dari menteri PAN-RB untuk dilakukan evaluasi secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pada layanan teknologi informasi menggunakan framework ITIL V4 dengan 7 practice pada domain General Management Practice dan 11 practice pada domain Service Management Practice. Evaluasi dilakukan dengan mengukur tingkat kematangan dari layanan TI, melakukan analisis GAP dan mengukur tingkat kapabiliasnya, serta membuat rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat kematangan dan tingkat kapabilitas berada pada level 3 (Defined). Hal ini berarti manajemen layanan TI telah berjalan mengacu pada prosedur praktek manajemen dan berfokus pada pengguna. Untuk meningkatkan nilai dari tingkat kematangan agar sesuai dengan yang diharapkan dan dapat memperbaiki manajemen layanan TI yang dikleola oleh DPMPTSP Kabupaten Banyumas maka akan diberikan rekomendasi perbaikan. Rekomendasi perbaikan adalah, walapun sudah berada pada level 3, namun masih terdapat gap dari practices yang digunakan sehingga perlu dilakukan perbaikan tindakan pencatatan pada insiden dan problem yang terjadi, agar dapat dianalisis dan diidentifikasi untuk membantu penanganan dan pencegahan terhadap terjadinya pengulangan insiden dan problem.

References

Adhisyanda Aditya, M., Dicky Mulyana, R., & Mulyawan, A. (2019). Perbandingan COBIT 2019 dan ITIL V4 Sebagai Panduan Tata Kelola dan Management IT. Jurnal Computech & Bisnis, 13(2), 100–105. http://www.jurnal.stmikmi.ac.id/index.php/ jcb/article/view/206

Antoni, D., Herdianyah, M. I., Akbar, M., & Sumitro, A. (2021). Pengembangan Infrastruktur Jaringan Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Palembang. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1652–1659. https://doi.org/ 10.30865/mib.v5i4.3318

Basham, M. (AXELOS). (2019). ITIL Fondation, ITIL V4 Edition.

Bouty, A. A., Koniyo, M. H., & Novian, D. (2019). Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Menggunakan E-Government Maturity Model (Kasus di Pemerintah Kota Gorontalo). Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(1). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.1.1758

Gusti, S. M., & Ambiyar, A. (2021). Evaluasi Layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 174. https://doi.org/ 10.23887/jeu.v9i2.38949

Ilyasa, M., System, R. B.-J. of E. I., & 2022, undefined. (2022). Analisis Manajemen Insiden dan Masalah Layanan IT pada Balitbang Jatim. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 03(01), 2022. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/44376

Lubis, I. B., Harahap, S., & Puspita, N. R. (2022). Analisa Indikasi Penyebab Pembengkakan Biaya ( Cost Overrun ) Pada Proyek Pembangunan Bendungan Lau Simeme. Jurnal Statika, 5(2), 40–45.

Multiawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus : Mal Pelayanan Publik Daerah Sumedang1). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 45–57.

Nachrowi, E., Yani, N., & Heru, S. (2020). Evaluation of Governance and Management of Information Technology Services Using Cobit 2019 and ITIL 4. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(4), 764–774. https://doi.org/10.29207/resti.v4i4.2265

Ruliana, R. S. T., & Haryadi, R. M. (2021). Evaluasi Atas Implementasi Aplikasi Sistem Aplikasi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) Pada Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Samarinda. Ekonomia, 10(1), 130–138.

Downloads

Published

2023-03-30

Citation Check