Pengaruh Label Halal dalam Produk Fitofarmaka terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Apotek Cangkiran)

Authors

  • Amindra Irawan Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Rina Wijayanti Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Ery Ardiyanti Ningtyas Apotek Cangkiran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jik.v17i1.2676

Keywords:

Fitofarmaka, Konsumen, Label Halal, Minat Beli, Obat

Abstract

Populasi penduduk Indonesia sebagian besar adalah umat beragama Islam. Maka dari itu diketahui bahwa seluruh produk terutama obat-obatan di Indonesia harus memiliki sertifikasi halal dari MUI. Fitofarmaka merupakan salah satu obat tradisional yang telah disarankan oleh dokter, Fitofarmaka juga telah melalui uji praklinik dan uji klinik. Saat ini obat jenis Fitofarmaka telah banyak diminati oleh para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli konsumen terkait ada atau tidaknya label halal pada obat jenis Fitofarmaka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei eksplanatori. Metode ini bersifat kuantitatif dan digunakan untuk menguji perilaku individu atau kelompok dengan mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui korelasi antar kedua variabel label halal dan minat beli yaitu memiliki korelasi lemah, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada label halal dalam mempengaruhi minat beli konsumen pada produk obat Fitofarmaka. Hal ini diketahui dari diperolehnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,394 (korelasi lemah). Maka kesimpulan dalan ini adalah diketahui bahwa ada atau tidak adanya label halal dalam produk obat Fitofarmaka tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap minat beli konsumen di Apotek Cangkiran.

References

Badan Pusat Statistika. (2022). Statistik Kabupaten Semarang dalam Angka (Internet). www.semarangkab.bps.go.id

Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Shopee). Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 5(1). https://doi.org/Humaniora Dan Kebijakan Publik. Vol. 5, No. 1.

Ferdinand, A. (2016). Metodologi Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitriani, A. (2023). Pengaruh Label Halal terhadap Minat Beli Obat Bebas dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Masyarakatb Kota Bandung). Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, A. D. (2021). Students’ strategies in reducing speaking anxiety at SMK Negeri 1 Pekanbaru. In Master’s thesis. State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Mubarok, M. F. (2023). Top 10 Perusahaan Farmasi Terbear Indonesia Terbaru [Online post]. https://farmasiindustri.com/industri/top-10-perusahaan-farmasi-indonesia.html

Peraturan BPOM No. 29 Tahun 2023. (2023). Persyaratan Keamanan dan Mutu Obat Bahan Alam [Online post]. https://peraturan.bpk.go.id/Details/285065/peraturan-bpom-no-29 tahun-2023

Rizaty, M. A. (2023). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022 [Online post]. https://dataindonesia.id/ragam/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di dunia-pada-2022

Sarwono, P. (2005). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka.

Sihotang, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk PT.HNI HPAI). Journal of Management, Accounting, Economic and Business, 1(2). https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4326

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukesti, M., & Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dikota Marpaung. Jurnal At-Tawassuth, 2(1). http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v2i1.777

Usman, W. F., Insani, R. N., & Prihantina, R. (2024). Analisa Pengaruh Pelabelan Halal pada Obat Generik terhadap Minat Beli Konsumen di Apotek Sari Medika Ambarawa. Generics : Journal of Research in Pharmacy, 4(1).

Downloads

Additional Files

Published

2025-03-30

How to Cite

Irawan, A., Wijayanti, R., & Ningtyas, E. A. (2025). Pengaruh Label Halal dalam Produk Fitofarmaka terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Apotek Cangkiran). Jurnal Ilmiah Kesehatan, 17(1), 167–177. https://doi.org/10.37012/jik.v17i1.2676

Citation Check