PENGARUH PEMBERDAYAAN IBU DALAM BENTUK PEER GROUP TERHADAP MOTIVASI IBU DALAM METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG

Authors

  • Dewi Susilawati Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Erwinsyah Hasyim Harahap Universitas Mohammad Thamrin

DOI:

https://doi.org/10.37012/jik.v13i2.2041

Abstract

Latar Belakang: Pertumbuhan populasi yang cepat menjadi salah satu tantangan utama bagi Indonesia. Metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) telah diakui sebagai salah satu solusi efektif untuk mengatasi masalah ini dengan mencegah kehamilan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberdayaan ibu melalui peer group terhadap motivasi mereka dalam menggunakan MKJP.

Metode: Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan analitik dan cross-sectional. Data dikumpulkan dari 84 ibu usia subur yang berkunjung ke Klinik Keluarga Rachmahwati di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dan pengisian kuesioner sebelum dan sesudah intervensi konseling. Penelitian dilakukan pada bulan juni 2021

Hasil: Mayoritas responden berusia di bawah 35 tahun dan memiliki 2 anak. Sebelum konseling, sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang kurang tentang MKJP. Namun, setelah konseling, terjadi peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan mereka. Minat dalam menggunakan MKJP juga meningkat secara signifikan setelah intervensi. Hasil pre dan post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan minat responden terhadap MKJP setelah konseling.

Kesimpulan dan Saran: Pemberdayaan ibu melalui peer group memiliki dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan dan minat mereka terhadap MKJP. Implikasinya, upaya pemberdayaan ibu melalui peer group dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan penerimaan terhadap MKJP. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan promosi kesehatan yang berkualitas terkait MKJP dan untuk melibatkan lebih banyak ibu dalam kelompok sebaya untuk mendukung penggunaan MKJP sebagai metode kontrasepsi yang lebih efektif.

Kata Kunci: Kontrasepsi, Keluarga Berencana, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang, Pengetahuan, Sikap.

References

Annisa, Riza Sauma. 2015. Determinan Pemanfaatan Pelayanan KB MKJP di Wilayah Kerja Puskesmas Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Langkat Tahun 2015 (Skripsi). Medan: FKM USU.

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan. 2014. Pangkalan Data Akseptor KB Aktif di Kabupaten Deli Serdang. Deli Serdang: BKBPP.

BKKBN., 2006, Pedoman Kebijakan Teknis KB dan Kesehatan Reproduksi. Jakarta: BKKBN.2008. Pedoman Penanggulangan Efek Samping/Komplikasi Kontrasepsi. Jakarta: Direktorat

Pelaporan dan Statistik.2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan MK.JP Di Enam Wilayah Indonesia. Jakarta.: Pusat Penelitian dan Pengembangan KB dan Keluarga Sejahtera.

BKKBN. 2012. Kumpulan Data Program Keluarga Berencana Nasional. Jakarta:

BKKBN, 2013. Profil Kesehatan Indonesia Jakarta: BKKBN,

BPS, 2014. Cakupan Presentase KB Aktif Menurut Provinsi di Indonesia Tahun 2013. Direktorat Pelaporan dan Statistik.

BKKBN, 2014. Materi Promosi KB Paska Persalinan dan Paska Keguguran. Medan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut.

Dewi, Sri Ropika. 2012. Determinan Pemakaian Alat Kontrasepsi Pada Wanita PUS Di Wilayah Puskesmas Kota Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues (Tesis). Medan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Diah, Notobroto, 2012. Rendahnya Keikutsertaan Pengguna Metode Kontrasepsi Jangka Panjang pada Pasangan Usia Subur. Surabaya:

Departemen Biostatistika dan Kependudukan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Susilawati, D., & Harahap, E. H. (2021). PENGARUH PEMBERDAYAAN IBU DALAM BENTUK PEER GROUP TERHADAP MOTIVASI IBU DALAM METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(2), 279–284. https://doi.org/10.37012/jik.v13i2.2041

Citation Check