Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Aplikasi Belanja Online (E-Commerce) Lazada pada Mahasiswa di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v3i1.983Abstract
Harapan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, adapun faktor-faktor yang di maksud adalah kualitas pelayanan, harga dan brand ambassador terhadap kepurusan pembelian di aplikasi belanja omline (e-commers) lazada pada mahasiswa di jakarta, metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah metode survei dengan koesioner yang di sebarkan melalui google form, sedangkan alat analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis SEM AMOS dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang d libatkan dalam penelitian ini dalah pengguna Lazada yang pernah melakukan pembelian melalui Lazada di wilayah Jakarta. Sampel yang berhasil di raih sebanyak 100 respoden. Hasil penelitian ini berpengaruh positive secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variabel kualitas pelayanan harga dan keputusan pembelian juga berpengaruh posotif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
References
Indonesia, P. (2009). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. Indonesia.
Municipality, B. P. S. of J. T. (2021). Matraman Dalam Angka 2021. BPS Kota Jakarta Timur, 1102001.31.
Widyawati, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Lip creamWardah. Universitas Muhammadiyah Malang, 2009, 10–29.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E- JurnalEkonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9.4, 357–380.
Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. JurnalBisnis ,Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.
Yudhiartika, D. dan J.O. Haryanto. 2012. Pengaruh personal selling, display, promosi penjualan terhadap kesadaran merek dan intensi membeli pada produk kecantikan Pond’s. J. Buletin Studi Ekonomi. 17 (2): 142-156.
Fitriahningsih, A. S. C. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Makassar. Thesis.
Suciningtyas, Wulan. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. Vol. 1 No 1 Agustus 2012
Kotler, P. dan K. L. K. (2014). Manajemen Pemasaran. In T. B. Sabran (Ed.), edisi 13. Erlangga Jakarta.
Hair, Joseph F.,G. Tomas M. Hult., Christian M. Ringle., and Marko Sarstedt. (2018). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). 2e Edition USA: Sage.
Ferdinand, A. (2002). Strucktural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Fakultas Ekonomi UNDIP.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.