Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Aplikasi Belanja Online (E-Commerce) Lazada pada Mahasiswa di Jakarta

Authors

  • Ratih Ayu Sekarini Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Hilma Farhani Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Wiwin Wiwin Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v3i1.983

Abstract

Harapan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, adapun faktor-faktor yang di maksud adalah kualitas pelayanan, harga dan brand ambassador terhadap kepurusan pembelian di aplikasi belanja omline (e-commers) lazada pada mahasiswa di jakarta, metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah metode survei dengan koesioner yang di sebarkan melalui google form, sedangkan alat analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis SEM AMOS dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang d libatkan dalam penelitian ini dalah pengguna Lazada yang pernah melakukan pembelian melalui Lazada di wilayah Jakarta. Sampel yang berhasil di raih sebanyak 100 respoden. Hasil penelitian ini berpengaruh positive secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variabel kualitas pelayanan harga dan keputusan pembelian juga berpengaruh posotif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

Author Biographies

Ratih Ayu Sekarini, Universitas Islam Jakarta

Fakultas Ekonomi

Hilma Farhani, Universitas Islam Jakarta

Fakultas Ekonomi

Wiwin Wiwin, Universitas Islam Jakarta

Fakultas Ekonomi

References

Indonesia, P. (2009). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. Indonesia.

Municipality, B. P. S. of J. T. (2021). Matraman Dalam Angka 2021. BPS Kota Jakarta Timur, 1102001.31.

Widyawati, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Lip creamWardah. Universitas Muhammadiyah Malang, 2009, 10–29.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E- JurnalEkonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9.4, 357–380.

Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. JurnalBisnis ,Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.

Yudhiartika, D. dan J.O. Haryanto. 2012. Pengaruh personal selling, display, promosi penjualan terhadap kesadaran merek dan intensi membeli pada produk kecantikan Pond’s. J. Buletin Studi Ekonomi. 17 (2): 142-156.

Fitriahningsih, A. S. C. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Makassar. Thesis.

Suciningtyas, Wulan. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. Vol. 1 No 1 Agustus 2012

Kotler, P. dan K. L. K. (2014). Manajemen Pemasaran. In T. B. Sabran (Ed.), edisi 13. Erlangga Jakarta.

Hair, Joseph F.,G. Tomas M. Hult., Christian M. Ringle., and Marko Sarstedt. (2018). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). 2e Edition USA: Sage.

Ferdinand, A. (2002). Strucktural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Fakultas Ekonomi UNDIP.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Downloads

Published

2022-03-30

Citation Check