Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada BMT Al Fath IKMI

Authors

  • Hasan Basri Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Dhea Juwita Andriani Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Lily Nabilah Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada BMT Al-Fath IKMI. Adapun jumlah responden yaitu 90 orang dari penduduk Wilayah Kecamatan Pamulang. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS (Statistical Packages For The Social Sciences) 23.0 for Windows. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik serta uji F untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan simultan. Uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini dilihat berdasarkan hasil (uji t) dengan nilai t hitung > t tabel sebesar 3.353 > 1.66159 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (.001 < 0.05). Kemudian ada pengaruh signifikan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini dilihat berdasarkan hasil (uji t) dengan nilai t hitung > tabel yaitu sebesar 2.033 > 1.66159 dan tingkat signifikansi sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05 (0,045 < 0,05). Dan, secara besama-sama terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil (uji F) dengan nilai F hitung > F tabel yaitu sebesar 32.330 > 3.10 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 <0,05.

Author Biographies

Hasan Basri, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dhea Juwita Andriani, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Lily Nabilah, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Fajar, Muhammad, Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran, Khalifah Mediatama, Depok.

Firmansyah Anang. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep).CV. Penerbit Qiara Media Surabaya.

Gerson, Richard F, (2017). Mengukur Kepuasan Pelanggan, PPM, Jakarta.

Ghozali, Imam, (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ketujuh), Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan Jilid 2, indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip, Gary Armstrong. (2014). Principles of Marketing (15th Edition), Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Malayu S.P Hasibuan. (2019). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. PT. Bumi Aksara.

Maryono. (2018). Istilah-Istilah Dalam Kebijakan dan Manajemen Kesehatan. CV. Penerbit Qiara Media, Surabaya.

Rangkuti, Freddy. (2017). Customer Care Excellence: Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rinawati. (2019). Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. PT Pustaka Baru, Yogyakarta.

Sekaran, Uma. (2011). Metode Penelitian untuk Bisnis, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Depok.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatifm Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Shinta Agustina. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press (UP Press), Malang.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung, Alfabeta.

Sumadi, Suryabrata, (2012). Metodologi Penelitian, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Triyono Aris & Warnadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2015). Stategi Pemasaran Edisi 4, CV. Andi OFFSET, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, (2014). Pemasaran Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Parasuraman, (2013), A. Delivery quality service, Balancing customer reception and Expectation The press. New York.

Yuri, (2013). TQM Manajamen Kualitas Total Dalam Perspektif Teknik Industri, PT Indeks, Jakarta.

Yude Supriatna, Yoga Adiyanto, Deni Sunaryo, (2019) Induksi Manajemen Pemasaran, Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-30

Citation Check