Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang

Authors

  • Yurika Suryaningrat Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Susiana Dewi Ratih Univeristas MH Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.734

Abstract

Air minum secara langsung berkaitan dengan tubuh manusia, yang harus selalu terjaga kualitasnya agar tidak membahayakan tubuh manusia. Salah satu pemenuhan kebutuhan air minum yang menjadi alternatif saat ini yaitu dengan menggunakan air minum isi ulang, yang dilayani  oleh usaha depo isi ulang. Sebagai sebuah unit usaha, depo isi ulang juga harus mempunyai keunggulan bersaing dari sisi  kualitas produk, penetapan harga serta pemasaran yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk,  dan penetapan harga mempengaruhi kepuasan konsumen pada pengguna depot air minum isi ulang Top Water.Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan skala likert. Sampel sebanyak 95 responden., Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil uji diperoleh variabel kualitas produk dan penetapan harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan. Secara bersama sama kedua variabel berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji koefisien determinasi (R2) 0,643, berarti 64% kepuasan konsumen pada produk depot air minum isi ulang top water benar benar di pengaruhi oleh variabel independen yaitu ( kualitas produk dan penetapan harga ) sedangkan sisanya sebesar 36% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Diharapkan dengan tetap mempertahankan kualitas produk dan harga yang sesuai dengan harapan konsumen, maka kepuasan konsumen akan tetap terjaga. Penelitian lebih lanjut disarankan  menggunakan variabel lain seperti promosi, penentuan lokasi dan distribusi.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Penetapan Harga, Kepuasan Konsumen, Air Isi Ulang

 

Author Biography

Susiana Dewi Ratih, Univeristas MH Thamrin

Fakultas Ekonomi Bisnis- Prodi Manajemen

References

Agustina, E., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 5(1), 38-49.

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Emilia, Ita. (2019). Analisa Kandungan Nitrat Dan Nitrit Dalam Air Minum Isi Ulang Menggunakan Metode Spektrofotometri Uv-Vis. Jurnal Indobiosains. Vol 1. No. 1 Edisi Februari 2019 http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/biosains

Gofur, Abdul. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37-44.

Jasmi, Ridho Yatul (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Penetapan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Jom Fisip, Vol 6. Desember 2019

Kotler, Philip dan G. Amstrong. (2014), Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan K.K. Keller,, (2012), Marketing Management, 14th Edition, New Jersey: Pearson Education Limited.

Lalage, Zerina. (2019). Hidup sehat Terapi Air. Abata Press. Klaten. Diambil dari http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/xmlui/handle/123456789/62699,

Maramis, Freekley Steyfli , J. L. Sepang, A.S Soegoto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Air Manado. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi .Vol 6 No 3 (2018). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/issue/view/1994

Sugiyono. (2017)..Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantatif F,Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suryaningrat, Yurika. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pengguna Depot Air Minum Isi Ulang Top Water Wilayah Pabuaran Rt 007 Rw 01 Jatimurni, Bekasi). Jakarta. Universitas Mohammad Husni Tahmrin Jakarta. Skripsi

Downloads

Published

2021-09-30

Citation Check