Pengaruh Strategi Marketing Mix dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Alfamart di Gandaria Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.594Abstract
Strategi Marketing Mix merupakan kunci keberhasilan penyampaian produk kepada konsumen atau calon konsumennya. Citra Merek memberikan keyakinan kepada konsumen terhadap produk yang dibelinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan konsumen akan suatu produk akan menimbulkan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Merek terhadap loyalitas pelanggan , baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey teknik  korelasional. Analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil uji hipotesis menyimpulkan: (a) terdapat hubungan positif antara X1 dengan Y sebesar () = 0,5223; persamaan regresi Ŷ = 38,72 + 0,63X1; kontribusi X1 terhadap Y sebesar 27,28%, (b) terdapat hubungan positif antara X2 dengan Y sebesar () = 0,4471; persamaan regresi Ŷ = 53,84 + 0,47X2; kontribusi X2 terhadap Y sebesar 19,99%, (c) terdapat hubungan positif antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,5730; persamaan regresi Ŷ= 25,85 + 0,481X1 + 0,275X2; kontribusi X1, dan X2 terhadap Y sebesar 32,83%, artinya bahwa 32,83% variabel bauran pemasaran dan citra merek memberi sumbangan (kontribusi) terhadap loyalitas pelanggan, sedang sisanya 67,17 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian ini dasarankan (1) Peningkatan Strategi Marketing Mix yaitu digital marketing. Dengan digital marketing pesan yang disampaikan cepat sehingga menimbulkan pembelian berulang dan menambah konsumen baru. (2) Memiliki identitas pembeda dan karakter yang unik untuk menunjukkan kosistensi perusahaan. (3) Meneruskan konsistensi perusahaan dengan cara mempertahankan kualitas produk, mempertahankan karakter brand, mempertahankan hubungan baik dengan konsumen dan berbagai aspek lainnya.
Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Brand Image dan Loyalitas Pelanggan
References
Fandy Tjiptono, 2014; Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta, hlm. 41.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009; Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas, Jilid 1, Erlangga, Jakarta, hlm 260.
Lupiyoadi. 2016; Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Tiga, Salemba Empat, Jakarta, hlm. 92.
Nanda, Cendy, 2015; Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalita Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada PT. Winstar Partical Product di Menganti – Gresik ), Gresik.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta, hlm. 90
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.