Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Fuji Dharma Electric Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.571Abstract
Komunikasi didalam organisasi adalah hal yang mengikat pada kesatuan organisasi. Salah satu tantangan terbesar dalam komunikasi organisasi adalah bagaimana menyampaikan informasi ke seluruh bagian organisasi dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam bagaimana Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di PT. Fuji Dharma Electric Jakarta.Bilamana Informasi yang tersampaikan sesuai dengan kebutuhan, maka komunikasi yang dijalankan efektif akan secara otomatis menghasilkan suatu kinerja karyawan yang baik didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif fenomenologi adalah jenis penelitian yang berorientasi pada hasil filsafat. Filsafat yang dimaksud adalah upaya peneliti menggali informasi dengan cara mencari arti, makna secara esensinya, dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik wawancara  merupakan pembicaraan yang mempunyai tujuan dan didahului beberapa pertanyaan informal. Wawancara pada penelitian kualitatif merupakan pembicaraan yang mempunyai tujuan dan didahului beberapa pertanyaan informal.Sedangkan informan dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang diperoleh menggunakan model Miles dan Huberman, dan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi data/sumber. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di PT.Fuji Dharma Electric telah efektif dilihat dalam indikator fungsi komunikasi organisasi sehingga berdampak pada kinerja karyawan yang baik/optimal.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan.
References
Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Creswell, John W. 2010. Edisi ke 3. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi : Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.
Jumroni, Suhaimi. 2006. Metode-metode Penelitian Komunikasi : Ciputat, UIN Press.
Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 1998. Komunikasi Organisasi. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : Remaja Rosda Karya
Rakhmat, Jalalludin, 2007, Metode Penelitian Komunikasi,PT Remadja Rosda Karya, Bandung
Riduwan, 2008, Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta Bandung.
Sopiah.2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta : Andi Offset.
Siagian. P Sondang. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.