Pengaruh Green Marketing dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan

(Studi Kasus Pada The Bodyshop Jakarta)

Authors

  • Evi Noviaty Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Novita Damayanti Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v5i2.2488

Abstract

Dalam era globalisasi ini, manajemen pemasaran selalu mencoba untuk mengenali peluang dan ancaman baru yang terjadi di dalam lingkungan pemasaran dan sekaligus memahami pentingnya memantau dan beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini juga sesuai dengan meningkatnya perhatian pada isu lingkungan oleh pembuat peraturan publik dapat dilihat sebagai indikasi lain bahwa kepedulian lingkungan merupakan area yang potensial sebagai strategi bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Green Marketing dan Trust terhadap Keputusan Pembelian pelanggan perusahaan kosmetik Body Shop di Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data Primer yang di peroleh dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan perusahaan kosmetik Body Shop di Jakarta. Sampel yang digunakan berjumlah 120 responden dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling.. Teknik Analisis menggunakan pengujian Hipotesis  multivariat dengan menggunakan Uji regresi logistik. Regresi logistik digunakan dalam penelitian ini karena kombinasi variabel bebas antara metrik dan nominal (non metrik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Green Price, green Promotion dan Green Trust berpengaruh positif dan significant terhadap Keputusan Pembelian .Sedangkan Green Product dan Green Place tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.  Implikasi utamanya adalah The Body Shop harus meningkatkan strategi promosi dengan banyak membuka outlet dan meningkatkan kualitas produk untuk menyeimbangkan harga premium dan menjadikan wanita sebagai target pasar utama.

Author Biography

Evi Noviaty, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Dekan fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2025-01-15

Citation Check