Pengaruh ROA dan ROE terhadap Harga Saham pada Perusahaan Retail

(Studi Kasus pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk, PT.Matahari Departemen Store Tbk dan PT. Midi Utama Indonesia LPPF periode Tahun 2017-2022).

Authors

  • Citra Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Susiana Dewi Ratih Susiana Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Margaretha Alinda Peni Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v5i2.2389

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui secara parsial Return On Asset (ROA) pengaruh signifikan terhadap harga saham Pada Perusahaan Retail (Studi Kasus Pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk, PT. Matahari Departemen Store Tbk Dan PT. Midi Utama Indonesia LPPF periode Tahun 2017-2022) (2) Untuk mengetahui secara parsial Return On Equity (ROE) pengaruh signifikan terhadap harga saham Pada Perusahaan Retail (Studi Kasus Pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk, PT. Matahari Departemen Store Tbk Dan PT. Midi Utama Indonesia LPPF periode Tahun 2017-2022). (3) Untuk mengetahui secara simultan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) pengaruh signifikan terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Retail (Studi Kasus Pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk, PT. Matahari Departemen Store Tbk Dan PT. Midi Utama Indonesia LPPF periode Tahun 2017-2022. Teknik Analisi data dilakukan dengan mengklasifikasikan, pemilihan model dengan pengujian Uji Chow, Uji Hausman dan Uji LM (Legrange Multiplier), Asumsi klasik dan regresi liner berganda dan uji hipotesis uji T. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga saham pada perusahan reatail tahun periode 2017-2022 di Indonesia dengan melalui pengolahan data Eviews 12. Hasil uji T variabel Return On Asset (ROA), Harga dan Produk berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap Harga Saham Pada Perusahan Ritel. Uji F menunjukkan ketiga variabel secara simultan (bersama-sama) berpegaruh secara signifikan terhadap terhadap Harga Saham Pada Perusahan Ritel. Dan dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R-squared sebesar 0,519741, maka variable independen ROA dan ROE sebesar 51% sedangkan selesinya 49% dapat di jelaskan oleh Variabel lain di luar Variabel yang di pilih.

Author Biography

Citra, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Dosen Tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2024-11-19

Citation Check