Strategi Diferensiasi Produk dan Service Quality dalam Meningkatkan Daya Saing
(Studi Pada Warung Makan Sambel Setan Pandawa 5 di Jalan Antene IV Kramat Pela Jakarta Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v5i2.2340Abstract
Diferensiasi produk merupakan strategi yang membuat produk berbeda dengan kompetitor. Produk yang diciptakan oleh perusahaan mempunyai nilai lebih dimasyarakat sebagai pelanggan sehingga perusahaan yang memiliki diferensiasi yang kuat akan mendapatkan kinerja yang baik antara para pesaingnya. Diferensiasi produk warung makan sambel setan pandawa 5 menyajikan beberapa pilihan sambal, menu makanan dan minuman yang bervarian dan rasanya enak. Service Quality dengan memberikan pelayanan yang ramah dan cepat serta merespon dengan baik komplain, menjadi nilai bagi pelanggan dan berdaya saing. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar RT. 008 RW. 008, Kel. Kramat Pela Kec. Kebayoran Baru Jakarta Selatan sebanyak 134 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin maka didapat sampel sebanyak 100 orang yang membeli menu makanan di Warung Makan Sambel Setan Pandawa 5. Hasil dari penelitian ini adalah uji t pada variabel diferensiasi produk (X1) terhadap variabel daya saing (Y) memiliki hasil nilai signifikan 0,043 < 0,05 dan thitung 2,065 > 1,966 ttabel. Maka strategi diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan. terhadap daya saing atau (H1) terbukti atau diterima, variabel service quality (X2) terhadap variabel daya saing (Y) memiliki hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan thitung 3,942 > 1,966 ttabel. Maka service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing atau (H2) terbukti atau diterima. Uji F didapatkan hasil bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 83,078 > 3,09 Ftabel, bahwa diferensiasi produk dan service quality secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing. Rekomendasi untuk penelitian ini adalah melakukan analisa diferensiasi dan Uji Sustainable Diferensiasi untuk mengetahui sejauh mana produk yang ditawarkan masih memiliki nilai keunikan dari sisi pelanggan, mengkomunikasikan diferensiasi yang ditawarkan untuk membangun persepsi yang lebih baik dengan simple, meaningful dan focus, serta pelatihan dan pemberdayaan, yang melibatkan pengembangan karyawan secara berkelanjutan, komunikasi yang efektif, praktik berdasarkan bukti, dan lingkungan kerja yang kooperatif.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fery Hernaningsih, Agustinus Yanuar Budhi Heriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.