Pengaruh Penerapan E-Filling dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Jakarta Pancoran Tahun 2020-2022

Authors

  • Neneng Suryani Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Rahmi Qadri Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Evi Noviaty Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Meidi Arissany Romony Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan E-Filling dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pancoran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode convenience sampling atau sampling yang mengambil secara acak dengan menghampiri setiap orang yang berada dalam lokasi yang sama. Pemilihan sampel ini dilakukan karena pertimbangan kemudahan akses yang dapat dijangkau oleh peneliti. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Jakarta Pancoran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26. Hasil penelitian in menunjukan bahwa variabel penerapan E-Filling berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, hal ini didukung karena wajib pajak lebih mudah dalam penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan dan dapat dilakukan dengan aman, cepat dan fleksibel. Kapan saja wajib pajak ingin membayar dan melaporkan pajak terutangnya, bisa dilakukan tanpa dibebankan biaya saat pelaporan SPT. Wajib pajak tidak lagi perlu menghitung karena sudah menggunakan sistem dan dilakukan secara online, hal tersebut membuat wajib pajak patuh dalam kewajiban perpajakannya. Sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi karena semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan dan sesuai deangan apa yang diharapkan oleh wajib pajak, maka wajib pajak akan patuh dalam membayar dan melaporkan pajak terutang dengan tepat waktu. 

Author Biography

Neneng Suryani, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Akuntansi

Downloads

Published

2024-03-30

Citation Check