Pengaruh Komunikasi dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Permata Kantor Cabang Tebet Supomo Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v3i2.2189Abstract
Bank Permata merupakan lembaga perbankan yang berbasis konvensional yang kantor pusatnya terletak di Jakarta. Loyalitas nasabah merupakan salah satu bukti bahwa bank tersebut telah mampu bersaing dalam memberikan pelayanan prima pada setiap nasabah. Loyalitas nasabah terhadap suatu produk dan pelayanan dilandasi oleh faktor-faktor tertentu. Dalam penelitian ini, faktor-faktor tersebut akan menjadi variabel penelitian. Variabel independen yang diteliti adalah komunikasi (X1) dan penanganan keluhan (X2). Akan diteliti bagaimana pengaruh kedua variabel tersebut terhadap variabel dependen loyalitas (Y1). Jenis Penelitian adalah penelitian sebab akibat atau kausal. Dalam penelitian ini digunakan Uji Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi R2, Uji Parsial t, dan Uji Simultan F. Berdasarkan hasil uji t pada variabel komunikasi, diketahui nilai t hitung > t tabel (3,030 > 1,993), dengan demikian diperoleh hasil bahwa komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian pada variabel penenganan keluhan diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,179 > 1,993). Dengan demikian penanganan keluhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan hasil uji f diketahui menunjukkan nilai F hitung = 11.066 dengan signifikan 0,000. Dengan menggunakan batasaan signifikan 0,005, nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,005. Dengan demikian variabel komunikasi dan variabel penanganan keluhan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.