Pengaruh Kemasan dan Promosi terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Teh Botol Sosro

Authors

  • Mulyono Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Eka Damayanti Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v3i1.2188

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penjualan produk Teh botol Sosro. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya pengaruh kemasan dan promosi terhadap proses keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mencari data primer, melalui kuesioner terhadap responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Teh botol Sosro pada warga RT.005/03 Kecamatan Pondok Aren Kelurahan Pondok Betung Tangerang Selatan. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapat jumlah sampelnya sebesar 129 responden. Data penelitian diolah dengan analisis statistik dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan uji R2. Hasil penelitian menunjukan signifikansi kemasan 0,015 < 0,05 berarti kemasan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Signifikansi promosi menunjukan 0,014< 0,05 berarti promosi berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Kemasan dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk Teh botol Sosro dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu produk Tehbotol Sosro harus memakai logo yang baik dan promosi iklan yang tepat agar dapat lebih meningkatkan keputusan pembelian.

Downloads

Published

2022-03-30

Citation Check