Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Coffee Shop di Foresthree Coffee Transyogi)
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2172Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Coffee Shop di Foresthree Coffee Transyogi). Adapun jumlah responden yaitu 80 responden. Data diambil melalui kuesioner menggunakan skala Likert. Pengujian data dari aspek validitas dan reliabilitas serta asumsi klasik meliputi uji Normalitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Autokorelasi. Pengolahan data menggunakan SPSS 24 meliputi Uji Regresi Linier Berganda, Uji Parsial t, Uji Simultan F dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Citra Merek tidak memiliki pengeraruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 0.587 < t tabel 1,992 dan nilai sig Citra Merek (X1) sebesar 0,218 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Nilai Pelanggan dan memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 7,362 (X2) > t tabel 1,992. Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal tersebut dilihat dari thitung sebesar 5.782 (X3) > ttabel 1,992. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan juga diperoleh hasil bahwa Citra Merek, Nilai Pelanggan dan Kualitas Produk secara simultan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan F hitung 122.550 > F tabel 2.73. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan yang terjadi disebabkan oleh Nilai Pelanggan dan Kualitas Produk. Sedangkan untuk Kepuasan Pelanggan tidak dipengaruhi secara signifikan oleh Citra Merek.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Hasan Basri, Noer Ranti Subarjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.