Analisis Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham (Studi Kasus PT Unilever Indonesia)

Authors

  • Bambang Tutuko Kuntopati Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Nur Oktaviani Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v3i2.2159

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi Harga Saham. Objek Penelitian ini adalah PT Unilever Indonesia, Tbk dengan menggunakan Laporan Keuangan periode 2006-2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi parsial dan uji F untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%, dimana sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Sedangkan secara bersama-sama (simultan) Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) memiliki pengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Naik turunnya Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) dapat mempengaruhi naik turunnya Harga Saham. Variabel Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) mampu menjelaskan pengaruh terhadap variabel Harga Saham sebesar 74.25% sedangkan sisanya sebesar 25.75% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.

References

Darmadji, Tjiptono dan Hendi M. Fakhruddin. (2001). Pasar Modal Di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. (2006). Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Dini, Astri Wulan dan Iin Indarti, “Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Yang Terdaftar Dalam Indeks Emiten LQ45 Tahun 2008 – 2010â€.

Fahmi, Irham. (2012). Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta.

Hanafi, Mamduh M., Halim, A. (2007). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurmalasari, Indah. (2008). Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham Emiten LQ45 yang Terdaftar di BEI tahun 2005-2008, Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Gunadarma.

Rahardjo, Budi. (2001). Akuntansi dan Keuangan untuk Manajer Non Keuangan. Yogyakarta: ANDI.

Salamun, Suyono. (2014). Pengantar Perpajakan. IFM Publishing.

Samsul, Mohamad. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Surabaya: Erlangga.

Sari, Erna Indah dkk, (2012). Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap Harga Saham PT Unilever Indonesia Tbk periode 2003-2011â€, Jurnal Manajemen STIE MDP.

Suharyadi dan Purwanto S.K. (2009). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern.Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sunarsip dan Suyono Salamun. (2010). Analisis atas Deregulasi, Krisis, dan Restrukturisasi Perbankan di Indonesia: Pendekatan Teori Polizatto dan William E. Alexander. LPKPAP.

Tandelilin, Eduardus. (2001). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Widoatmodjo, Sawidji. (2012). Cara Sehat Investasi di Pasar Modal. Jakarta: Kompas Gramedia.

Winarno, Wing Wahyu. (2007). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews.Jogjakarta: UPP STIM YKPN.

Wira, Desmond., (2011). Analisis Fundamental Saham. Jakarta: Exceed. www.duniainvestasi.com

www.finance.yahoo.com

www.idx.co.id

www.unilever.com

Downloads

Published

2022-09-30

Citation Check