Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Oppo (Studi Kasus Mahasiswa/Mahasiswi Lp3i Depok)

Authors

  • Bambang Tutuko Kuntopati Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Indera Irawan Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.2157

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone OPPO. Adapun jumlah responden yaitu 82 mahasiswa/i LP3I Depok pengguna smartphone OPPO. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan software SPSS (Statistical Packages For The Social Sciences) 21.0 for Windows. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik serta uji F untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan simultan, uji validitas, uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek dengan keputusan pembelian nilai t hitung > t tabel 4.861 > 1.99045 dan signifikansi < 0,05 yaitu 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak. Terdapat pengaruh positif secara signifikan antara harga dengan keputusan pembelian, nilai t hitung > t tabel 4.088 > 1.99045 dan signifikansi < 0,05 yaitu 0.000 < 0.05, Dan, secara bersama-sama terdapat pengaruh antara Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil (uji F) dengan nilai F hitung > F tabel yaitu sebesar 130.073 > 3.11 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

References

Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK). (n.d.). (2023). Sekilas Tentang Provinsi DKI Jakarta. Diambil 15 Mei 2023, dari https://jakarta.bpk.go.id/pemerintah-provinsi-dki-jakarta/

A.M, Morissan, (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Penerbit Kencana, Jakarta.

Alma, Buchari, (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Arikunto, S., (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT.Rineka Cipta, Jakarta.

Bastian, Indra, (2014). Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik, Salemba Empat, Jakarta.

Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, semarang.

Philip, Kotler, & Keller, Kevin Lane, (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, (Bob Sabran), Erlangga, Jakarta.

Philip, Kotler & Gary, Amstrong, (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, (Bob Sabran), Jakarta: Erlangga.

Philip, Kotler and Keller, Kevin Lane, (2012). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13. PT. Indeks.

Philip, Kotler and Keller, Kevin Lane, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education Inc.

Sangadji, E.M., & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian, Penerbit Andi Yogyakarta.

Schiffman, L, G. & L. L. Kanuk, (2009). Persepsi kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall, New Jersey.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D, CV Alfa Beta, Bandung.

Suryabrata, Sumadi, (2012). Metodologi Penelitian, Raja grafindo Persada, Jakarta.

Tciptono, Fandy, (2011). Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Downloads

Published

2023-03-30

Citation Check