Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) Pada Peningkatan Kualitas Layanan di PT. Pegadaian Cabang Gunungsitoli

Authors

  • Dafid Tricandra Zendrato Nias University, Indonesia
  • Aferiaman Telaumbanua UNIAS
  • Perlindungan Faebuadodo Hulu UNIAS
  • Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea UNIAS

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2148

Abstract

Peningkatan kualitas merupakan salah satu cara dalam menjamin kepuasan konsumen. Kualitas terbaik akan diperoleh dengan melakukan bergai upaya perbaikan secara terus menerus terhadap kemampuan manusia serta proses dan lingkungannya. Hal ini dilakukan dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). Dalam mempertahankan kualitas produk, perusahaan biasanya memberikan perhatian utama pada peran pelayanan dalam proses produk jasa, yang berkaitan dengan pengendalian mutu hasil produk. Karena dalam hal ini pengawasan pelayanan yang diberikan berkaitan langsung dengan hasil produksinya. Untuk menentukan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan, perlu diketahui pengendalian mutu pelayanan yang diberikan kepada setiap nasabah. Peneliti menetapkan jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dimana metode ini lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut dan sangat terpengaruh pada kekuatan kata dan kalimat. Selanjutnya yang menjadi kunci informasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dan beberapa nasabah sebanyak 7 orang. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa Implementasi TQM telah memberikan dampak positif terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat terlihat dari feedback positif, peningkatan jumlah pelanggan, atau perbaikan dalam survei kepuasan. Dengan adanya penerapan TQM maka perubahan dalam proses operasional untuk lebih memprioritaskan kebutuhan pelanggan. Ini bisa termasuk peningkatan efisiensi, penurunan jumlah keluhan pelanggan, atau peningkatan kualitas layanan secara keseluruhan.

Author Biographies

Dafid Tricandra Zendrato, Nias University

Management

Aferiaman Telaumbanua, UNIAS

Management

Perlindungan Faebuadodo Hulu, UNIAS

Management

Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea, UNIAS

Management

References

Ãlvarez-García, J., Durán-Sánchez, A., & del Río-Rama, M. de la C. (2018). Systematic bibliometric analysis on Kaizen in scientific journals. TQM Journal, 30(4), 356–370. https://doi.org/10.1108/TQM-12-2017-0171

Asnawi, N., & Setyaningsih, N. D. (2020). Perceived service quality in Indonesian Islamic higher education context: A test of Islamic higher education service quality (i-HESQUAL) model. Journal of International Education in Business, 13(1), 107–130. https://doi.org/10.1108/JIEB-11-2019-0054

Bouranta, N., Psomas, E., Suárez-Barraza, M. F., & Jaca, C. (2019). The key factors of total quality management in the service sector: a cross-cultural study. Benchmarking, 26(3), 893–921. https://doi.org/10.1108/BIJ-09-2017-0240

Burka, I. (2020). How managers in poland use the principles and instruments of the kaizen philosophy in their personal lives – the personal kaizen approach. Quality Innovation Prosperity, 24(2), 1–21. https://doi.org/10.12776/QIP.V24I2.1396

Chiarini, A., Baccarani, C., & Mascherpa, V. (2018). Lean production, Toyota Production System and Kaizen philosophy: A conceptual analysis from the perspective of Zen Buddhism. TQM Journal, 30(4), 425–438. https://doi.org/10.1108/TQM-12-2017-0178

Chung, C. H. (2018). The Kaizen Wheel – an integrated philosophical foundation for total continuous improvement. TQM Journal, 30(4), 409–424. https://doi.org/10.1108/TQM-03-2018-0029

Franken, J. C. M., van Dun, D. H., & Wilderom, C. P. M. (2021). Kaizen event process quality: towards a phase-based understanding of high-quality group problem-solving. International Journal of Operations and Production Management, 41(6), 962–990. https://doi.org/10.1108/IJOPM-09-2020-0666

Gandhi, S. K., Sachdeva, A., & Gupta, A. (2019). Impact of service quality on satisfaction and loyalty at manufacturer-distributor dyad: Insights from Indian SMEs. Journal of Advances in Management Research, 16(1), 91–122. https://doi.org/10.1108/JAMR-12-2017-0120

Gonzalez-Aleu, F., Van Aken, E. M., Cross, J., & Glover, W. J. (2018). Continuous improvement project within Kaizen: critical success factors in hospitals. TQM Journal, 30(4), 335–355. https://doi.org/10.1108/TQM-12-2017-0175

Kaur, M., Singh, K., & Singh, D. (2019). Synergetic success factors of total quality management (TQM) and supply chain management (SCM): A literature review. International Journal of Quality and Reliability Management, 36(6), 842–863. https://doi.org/10.1108/IJQRM-11-2017-0228

Kondasani, R. K. R., Panda, R. K., & Basu, R. (2019). Better healthcare setting for better healthcare service quality: An empirical analysis of Indian consumers’ perspective. International Journal of Quality and Reliability Management, 36(10), 1665–1682. https://doi.org/10.1108/IJQRM-05-2018-0120

Kumar, V., Verma, P., Mangla, S. K., Mishra, A., Chowdhary, D., Chi Hsu, C. H., & Lai, K. K. (2020). Barriers to Total Quality Management for sustainability in Indian organizations. International Journal of Quality and Reliability Management, 37(6–7), 1007–1031. https://doi.org/10.1108/IJQRM-10-2019-0312

Ojekalu, S. O., Ojo, O., Oladokun, T. T., & Olabisi, S. A. (2019). Effect of demographic characteristics on service quality perception: Evidence from occupiers of shopping complex in Ibadan, Nigeria. Property Management, 37(3), 418–431. https://doi.org/10.1108/PM-07-2018-0040

Ojekalu, S. O., Ojo, O., Oladokun, T. T., Olabisi, S. A., & Omoniyi, S. S. (2019). Service quality of property managers of shopping complexes in Ibadan, Nigeria: Empirical evidence. Property Management, 37(3), 310–326. https://doi.org/10.1108/PM-04-2018-0029

Reinaldo, L. da S. P., Vieira Neto, J., Goyannes Gusmão Caiado, R., & Gonçalves Quelhas, O. L. (2020). Critical factors for total quality management implementation in the Brazilian construction industry. TQM Journal, 33(5), 1001–1019. https://doi.org/10.1108/TQM-05-2020-0108

Shayestehfar, R., & Yazdani, B. (2019). Bank service quality: A comparison of service quality between BSI branches in Isfahan and Dubai. TQM Journal, 31(1), 28–51. https://doi.org/10.1108/TQM-04-2018-0052

Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977

van Kemenade, E., & Hardjono, T. W. (2019). Twenty-first century Total Quality Management: the Emergence Paradigm. TQM Journal, 31(2), 150–166. https://doi.org/10.1108/TQM-04-2018-0045

Vo, B., Kongar, E., & Suárez Barraza, M. F. (2019). Kaizen event approach: a case study in the packaging industry. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(7), 1343–1372. https://doi.org/10.1108/IJPPM-07-2018-0282

Downloads

Published

2024-03-30

Citation Check