Analisis Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Geuliss Bakery di Kota Gunungsitoli

Authors

  • Ranuswati Waruwu Nias University, Indonesia
  • Eduar Baene UNIAS
  • Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea UNIAS
  • Eliagus Telaumbanua UNIAS

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk Pada Geuliss Bakery Di Kota Gunungsitoli dan untuk mengetahui meningkatkan Volume Penjualan Pada Geuliss Bakery Di Kota Gunungsitoli dan Rumusan masalah di ketahui bagaiamana strategi pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan pada Geuliss Bakery Di Kota Gunungsitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif ini menggunakan istrumen penelitian dengan berpedoman pada jenis penelitian yang digunakan adalah bentuk instrumen interview dan observasi jumlah informan pada penelitian ini  terdiri dari 10 responden. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Geuliss Bakery memiliki strategi pengembangan produk yaitu dengan mengunakan pengumpulan gagasan, penyaringan, pengembangan dan pengujian konsep, strategi pengembangan pemasaran,  analisis usaha, pengembangan produk, pengujian pasar, komersialisasi dan sesuai strategi pengembangan produk yang dimiliki, dan di tentukan oleh tingkat kemampuan dan tingkat pendidikan yang dimiliki oleh para karyawan. Strategi pengembangan produk sangat menentukan dalam meningkatkan volume penjualan di Geuliss Bakery Kota Gunungsitoli bagi karyawan yang kurang kemampuan tidak memberikan tugas atau kerja, dengan adanyan pelatihan maka mereka bisa menerapkan strategi pengembangan produk dan meningkatkan volume penjualan dengan adanya pelatihan maka bisa mengetahui strategi dan menjadi suatu bekal dalam bidang meningkatkan volume penjualan. Di Geuliss Bakery Kota Gunungsitoli berjalan dengan lancar dan rutin dalam peningkatan volume penjualan sangat baik dan tidak ada kendala yang dialami di usaha Geuliss Bakery tersebut.

Author Biographies

Ranuswati Waruwu, Nias University

Management

Eduar Baene, UNIAS

Management

Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea, UNIAS

Management

Eliagus Telaumbanua, UNIAS

Management

References

Agustin, C. S., Sari, T. D. V., Aisyah, P., & Anshori, M. I. (2023). Pengembangan Keterampilan Adaptabilitas Karyawan. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 1(4), 119–140. https://doi.org/10.61132/nuansa.v1i4.363

Brata, J. S. H., & Soediantono, D. (2022). Total Quality Manufacturing (TQM) and Recommendations for Its Application in the Defense Industry: A Literature Review. International Journal of Social and Management Studies (Ijosmas), 3(3), 50–62.

Damayanti, N. Y., Zainsyah, A. B., Nurfitria, L., Adisasmito, B., Darliana, H., & Digital, P. (2024). SERTA PEMERATAAN EKONOMI DI KAWASAN. 2(1), 79–87.

Irawan, E. (2023). Literature Review : Literasi Digital , Literasi Ekonomi , Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(4), 30–41.

Layanah, N., & Ali, H. (2023). Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Marketing Information System: Harga Produk, Kualitas Layanan, Promosi. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 685–693. https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/135

Lina Saptaria, & Sopiah. (2022). Transformasi Kepemimpinan dan Kompetensi Teknologi dalam Manajemen Industri Hijau: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(2), 119–132. https://doi.org/10.55927/ministal.v1i2.348

Muhammad Yusuf, A., Soediantono, D., & Staf Dan Komando Angkatan Laut, S. (2022). Supply Chain Management and Recommendations for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review. International Journal of Social and Management Studies (Ijosmas), 3(3), 63–77.

Ngelyaratan, D., Soediantono, D., Staf, S., Tni, K., & Laut, A. (2022). Customer Relationship Management (CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), 2722–8878. http://www.jiemar.org

Rahmah, M., Malihah, L., & Karimah, H. (2023). Analisis Peluang dan Tantangan Pengembangan Potensi Wisata di Kabupaten Banjar. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 18(2), 199–208. https://doi.org/10.47441/jkp.v18i1.344

Rapini, T., Kristiyana, N., Santoso, A., & Setyawan, F. (2020). Strategi pengembangan produk jipang berbasiskan pelatihan manajemen usaha dan pemasaran yang kreatif. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.7

Saputra, F., & Ali, H. (2022). Penerapan Manajemen Poac: Pemulihan Ekonomi Serta Ketahanan Nasional Pada Masa Pandemi Covid-19 (Literature Review Manajemen Poac). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 316–328. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.733

Sulistyawati, E. (2023). Sumber Daya Manusia Usaha Kecil dan Menengah dan Perilaku Inovasi: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Ekobil), 2(1), 44–48. https://doi.org/10.58765/ekobil.v2i1.111

Tarigan, H. (2019). Mekanisasi Pertanian dan Pengembangan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA). Forum Penelitian Agro Ekonomi, 36(2), 117. https://doi.org/10.21082/fae.v36n2.2018.117-128

Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977

W, R. A., H, G. Y., & Aziz, R. (2021). Pertumbuhan Pasar : Pemimpin , Pesaing , Pengikut , Nicher ( Suatu Literature Review ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Volume 2, Issue 4, Maret 2021, 2(4), 418–441.

Wibowo, F. A., & Andriani, N. (2023). Business Strategy in Management Perspective: A Literature Review. Indonesian Journal of Economic & Management Sciences, 1(5), 713–722. https://doi.org/10.55927/ijems.v1i5.6436

Downloads

Published

2024-03-30

Citation Check