Peranan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan Pada CV Bintang Keramik Gunungsitoli

Authors

  • Junius Telaumbanua Nias University, Indonesia
  • Emanuel Zebua UNIAS
  • Fatolosa Hulu UNIAS
  • Maria Magdalena Batee UNIAS

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2143

Abstract

Penjualan produk merupakan kegiatan kunci dalam sebuah bisnis yang melibatkan proses pemasaran, promosi, dan transaksi untuk memasarkan barang atau jasa kepada konsumen. Pendekatan penjualan produk meliputi strategi penentuan harga, distribusi, serta upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Keberhasilan penjualan produk sangat ditentukan oleh pemahaman mendalam terhadap pasar, segmentasi, target pasar dan positioning dalam merancang produk agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen, serta kualitas produk yang ditawarkan. Seiring dengan itu, upaya pengembangan hubungan jangka panjang dengan pelanggan juga menjadi fokus utama dalam menjaga keberlanjutan bisnis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peranan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan Pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode kualitatif. Kunci informasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli sebanyak 10 orang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Bintang Keramik Gunungsitoli telah melakukan strategi pemasaran sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan peningkatan penjualan. Strategi pemasaran yang diterapkan adalah segmentasi pasar yaitu pemetaan target pasar, targeting yaitu menentukan siapa saja yang menjadi target pasar dan positioning yaitu perusahaan menyediakan produk yang dapat menarik konsumen atau pelanggan agar konsumen atau pelanggan memiliki kesan tertarik pada produk yang dipasarkan dan dijual. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi konsumen atau pelanggan membuat penjualan produk pada CV. Bintang Keramik Gunungsitoli semakin meningkat. Tidak hanya itu, konsumen atau pelanggan juga semakin bertambah sehingga target penjualan yang diharapkan tercapai.

Author Biographies

Junius Telaumbanua, Nias University

Management

Emanuel Zebua, UNIAS

Management

Fatolosa Hulu, UNIAS

Management

Maria Magdalena Batee, UNIAS

Management

References

Achmad Fauzi, Prayogo, A., Hanna Luthfiana, Nurul Aulia Pertama, Putri Setyawati, & Sabrina Luna Rahellea. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Dalam Unit Yang Diperlukan Untuk Mencapai Target Laba Pada Perusahaan Dagang: Produk, Harga Dan Promosi (Literature Review Akuntansi Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 505–512. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5.986

Asir, M., Puspitasari, D., Wahab, A., Abduh Anwar, M., Mere, K., Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar, P., Negeri Makassar, U., Muhammadiyah Sidenreng Rappang, U., & Wisnuwardhana, U. (2023). The Effectiveness Of Using Celebrity Endorsers On Consumer Behavior And Product Purchasing Decisions: Literature Review Efektivitas Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Konsumen Dan Keputuan Pembelian Produk: Literature Review. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1790–1801. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Biantara, I., & Mulyanti, D. (2023). MANABIS (Jurnal Manajemen dan Bisnis) STRATEGI MANAJEMEN INFORMASI LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Media Eletronik, 2(1), 10–18. https://journal.yp3a.org/index.php/manabis

Fauzi, A., Zakia, A., Abisal Putra, B., Sapto Bagaskoro, D., Nur Pangestu, R., & Wijaya, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dampak Persediaan Barang Dalam Proses Terhadap Pehitungan Biaya Proses: Persediaan Barang Perusahaan, Kalkulasi Biaya Pesanan Dan Pemakaian Bahan Baku (Literature Review Akuntansi Manajemen). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(3), 253–266. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.1037

Irawan, E. (2023). Literature Review : Literasi Digital , Literasi Ekonomi , Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(4), 30–41.

Layanah, N., & Ali, H. (2023). Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Marketing Information System: Harga Produk, Kualitas Layanan, Promosi. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 685–693. https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/135

Lukman Adhitama1, D. M. P. (2023). PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT (DRUG INVENTORY CONTROL) DI RUMAH SAKIT PADA MASA NON PANDEMI (Sebuah Tinjauan Literatur) Lukman. 1, 29–34.

Maharani, D. P., Fatimah, N. N., Winanto, N. F., & ... (2022). Peran Agama Islam Dalam Mencegah Tindak Kekerasan Seksual. … : Jurnal Kajian Islam …, 1–18. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx

Prasetya, A. D. C. (2023). METODE SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA ORGANISASI. 2(6), 1714–1724.

Rahman, A., & Urbayatun, S. (2022). Kajian Literatur Kekerasan Seksual Pada Anak Laki-Laki. Jurnal Sosio Informa, 8(2), 131–156.

Sandy, S., Serang, S., & Jambatan Bulan, S. (2023). Review Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Perusahaan Manufaktur dalam Menghadapi Fluktuasi Permintaan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 1285–1295. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Septrina, T., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). Strategi Industri Hijau, Pengungkapan Laporan Keberlanjutan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 425–431. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.736

Setiawan, N. H., Devi, S. S., Damayanti, L., Pramudya, F., & Antony, H. (2023). Pemahaman dan faktor – faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga: tinjauan literatur. Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 1–6. https://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/448

Susanti, D., & Doni, A. W. (2021). Implementation of Sexual Education Programs for Adolescents in Indonesia: Narrative Review. SANITAS: Jurnal Teknologi Dan Seni Kesehatan, 12(1), 36–52. https://doi.org/10.36525/sanitas.2021.4

Syahbani, A., Fikri, K., Kusmayati, N. K., Tinggi, S., Ekonomi, I., Surabaya, M., & Digital, D. P. (2024). SISTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERKEMBANGAN DAN DAMPAK PEMASARAN DIGITAL TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM. 4(8), 125–132.

Wulandari, A. D., Asih, G. N. N. A., Stela, P., Adityaningrum, S. S., & Makhmudah, U. (2022). A Systematic Literature Review: Guidance and Couneling Services for Reducing Case of Sexual Harrasment in School. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 370. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.59353

Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.8

Yuliana, Y., & Ardansyah, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Minuman Kedai Kopi Square di Kota Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 309–320. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.265

Yusri, A. Z. dan D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LANGEN KUSUMA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Downloads

Published

2024-03-30

Citation Check