Strategi Perusahaan Penerbangan Berbayar Murah dalam Meningkatkan Penjualan Tiket
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1448Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pada perusahaan penerbangan berbayar murah (low-cost carrier/LCC) agar dapat meningkatkan penjualan tiket pesawat. Metode yang digunakan dalam peneltian ini menggunakan analisis SWOT, dengan teknik analisis data yang digunakan analisis matriks SWOT 4 Kuadran, Matrik SWOT IFE dan EFE dan matriks Internal (IE). Hasil dari analisis matriks SWOT 4 kuadran menunjukan hasil faktor internal sebesar 2.20 dan hasil faktor eksternal sebesar 1.45 yang menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I yaitu strategi growth sehingga strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan strategi agresif yaitu dengan penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Sedangkan untuk analisis matrik IE didapatkan berdasarkan total skor faktor internal (IFE) sebesar 2.83 dan total skor faktor eksternal (EFE) sebesar 2.66 menunjukan bahwa perusahaan berada pada sel V menunujukan bahwa perusahaan sudah berada dalam tahap menjaga dan mempertahankan (hold and maintain), strategi yang digunakan oleh perusahaan yaitu dengan cara penetrasi pasar dan pengembangan produk.
References
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Statistik Transportasi Udara 2020, Air Transportation Statistics. https://www.bps.go.id/publication/2021/11/29/6106b46cdce794ebe2bf93c2/statistik-transportasi-udara-2020.html
Fan, Z. (2021). Research on the Marketing Strategy of Airline Industry Influenced by COVID-19. Proceedings of the 1st International Symposium on Innovative Management and Economics (ISIME 2021), 185(Isime), 331–336.
Keamanan Penerbangan Nasional, Pub. L. No. PM 51, PM 51 Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia 28 (2020). http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2020/PM_51_TAHUN_2020.pdf
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen …. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/23838
Prawiraatmadja, D., & Sutanto, B. (2019). Indonesia National Air Carries Association (INACA) Annual Report 2019. https://inaca.or.id/wp-content/uploads/2022/07/INACA-Annual-Report_2019.pdf
Rangkuti, F. (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Gramedia Pustaka Utama.
Ruminda, M. (2022). Social Media Marketing. In Strategi Pemasaran di Era Digital (I, Vol. 1, pp. 93–108). Haura Utama.
Ruminda, M., & dkk. (2022). Strategi Pemasaran di Era Digital. Haura Utama. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UfPqjpoAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=UfPqjpoAAAAJ:mVmsd5A6BfQC
Ruminda, M., & Keke, Y. (2017). MEMBANGUN KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT PADA ONLINE TRAVEL AGENT (Studi Kasus: Penumpang Perusahaan Penerbangan Domestik Berjadwal di Pulau Jawa). Kalbis Institute, 1–6. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UfPqjpoAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=UfPqjpoAAAAJ:qxL8FJ1GzNcC
Ruminda, M., Manoppo, S. S., Warsito, T., Irenita, N., & Ayutia, Y. (n.d.). Strategic Formulation to Improve the Ticket Sales ( Study Case at P . T . Citilink Indonesia , HLP – YIA Routes ). 663–671. Retrieved January 19, 2023, from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UfPqjpoAAAAJ&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=UfPqjpoAAAAJ:hqOjcs7Dif8C
Simarmata, J., Ruminda, M., Yuliantini, & Arubusman, D. A. (2019). The factors influencing passengers’ interest in using transportation services. TEM Journal, 8(3), 945–950. https://doi.org/10.18421/TEM83-36
Sitorus, P. P., Keke, Y., & Ruminda, M. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Online Travel Agent. Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 4(2), 141–146.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. In Alfabeta (6th ed.). Alfabeta.
Supranto, J., & Limakrisna, N. (2010). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis (Edisi 2) (2nd ed.). Mitra Wacana Media.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.