Pengaruh Target Market, Positioning dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian di CV.Maestro
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1389Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh target market terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian dan mengetahui pengaruh promotion terhadap keputusan pembelian. Selain itu juga mengetahui pengaruh target market, positioning dan promotion secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di CV. Maestro. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh secara langsung dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 80 kepada responden. Metode pengambilan sampel adalah non probabilitas dengan teknik purposive sampling. Responden adalah laki-laki dan wanita. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif. Temuan dari penelitian ini adalah pertama, Target Market (X1) mempengaruhi Keputusan pembelian (Y) secara signifikan. Temuan kedua yang menyatakan bahwa Positioning berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara signifikan. Temuan ketiga menyatakan bahwa Promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara signifikan. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa Target Market (X1), Positioning (X2) , dan Promotion (X3) Â secara serentak mempengaruhi Keputusan pembelian (Y) secara signifikan.
ÂReferences
Abidin, Zainal Mohd; MP, M.; Asmarawati, Lina. (2012). Manajemen pemasaran. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa.
AGUSTINA, Shinta. (2011). Manajemen pemasaran.
Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Angger, Roni. (2020). Pengantar Manajemen : Penerbit Tim AE.
Anggraeni, Sheli Puspita dan Verry Cyasmoro, (2020). Pengaruh Harga Kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian di delicio bakery cafe tebet jakarta, Majalah ilmiah panorama nusantara, Ed isi 27, Vol.15, No.1, 2020.
Daryanto (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Firmansyah, M. Anang. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi kedelapan. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haris, A., & Martawijaya, M. A. (2015). Kemampuan Merumuskan Hipotesis Fisika Pada Peserta Didik Kelas XMIA SMA Barrang Lompo. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan Center for Academic Publishing Service. Edisi kedua, Jakarta.
Hery, S. E., et al. (2019). Manajemen Pemasaran. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Indriantoro, Nur Bambang. (2021). Metodologi penelitian bisnis: untuk akuntansi manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Ismail, M. (2013). Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra Dan Merek Loyalitas. Bogor: IPB Press.
Jorie, Jopie Rotinsulu, Lisbeth Mananek, dan Gloria Vidia Pomantow. (2019). Analisis segmentasi, Targeting, dan Positioning terhadap keputusan pembelian produk maxx cofee di hotel Arya Duta Manado, Jurnal EMBA, Vol.7, No.3 2019, ISSN : 2303-1174.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.