Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Metode Pembelajaran yang Inovatif Adaptif dan Kolaboratif pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mohammad Husni Thamrin
DOI:
https://doi.org/10.37012/ileka.v3i2.1370Abstract
Penelitian bertujuan untuk melaksanakan pengembangan kurikulum dengan pendekatan Metode Pembelajaran yang Inovatif, Adaptif dan Kolaboratif pada Program studi Manajemen yang mengacu pada capaian pembelajaran. Pengembangan kurikulum dengan menyelaraskannya terhadap Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) memerlukan tahapan konsep kunci yang berguna dalam merumuskan kegiatan pembelajaran (pedagogical content knowledge) dan tahap kata kunci (Key Word) yang berguna dalam merumuskan penguasaan kompetensi (mastery level). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), seminar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan pengamatan yang terus-menerus, menggunakan teknik triangulasi sumber, membicarakannya dengan orang lain, dan melakukan cross check bersama tim. Analisis penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap; pertama, menemukan gambaran model pengembangan kurikulum manajemen, analisis gambaran hasil dari Tracer Study, analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities and Threats), need assessment dan market signal. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam upaya pengembangan kurikulum, ditempuh upaya gabungan antara masukan stakeholders dan standar pemerintah.
References
Djaali Dan Muljono, P. (2004). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Gronlund, N.E., dan R.L. Linn. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching, Edisi keenam. New York: MacMillan Publishing Company.
Hasan, S.Hamid. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia., Jakarta: Presiden Republik Indonesia
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 81 tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud
Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Cet. Ketujuh.
Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang No. 12 Tahun 2012. Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (ILEKA) Universitas Mohammad Husni Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Akuntansi (ILEKA) Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.