Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Metode Pembelajaran yang Inovatif Adaptif dan Kolaboratif pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mohammad Husni Thamrin

Authors

  • Helena Louise Penggabean Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Danarti Hariani Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Lily Nabilah Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v3i2.1370

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melaksanakan pengembangan kurikulum dengan pendekatan Metode Pembelajaran yang Inovatif, Adaptif dan Kolaboratif pada Program studi Manajemen yang mengacu pada capaian pembelajaran. Pengembangan kurikulum dengan menyelaraskannya terhadap Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) memerlukan tahapan konsep kunci yang berguna dalam merumuskan kegiatan pembelajaran (pedagogical content knowledge) dan tahap kata kunci (Key Word) yang berguna dalam merumuskan penguasaan kompetensi (mastery level). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), seminar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan pengamatan yang terus-menerus, menggunakan teknik triangulasi sumber, membicarakannya dengan orang lain, dan melakukan cross check bersama tim. Analisis penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap; pertama, menemukan gambaran model pengembangan kurikulum manajemen, analisis gambaran hasil dari Tracer Study, analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities and Threats), need assessment dan market signal. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam upaya pengembangan kurikulum, ditempuh upaya gabungan antara masukan stakeholders dan standar pemerintah.

References

Djaali Dan Muljono, P. (2004). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Gronlund, N.E., dan R.L. Linn. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching, Edisi keenam. New York: MacMillan Publishing Company.

Hasan, S.Hamid. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia., Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 81 tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Cet. Ketujuh.

Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang No. 12 Tahun 2012. Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Downloads

Published

2023-09-30

Citation Check