Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Seri Galaxy Pada Pengunjung Pusat Grosir Cililitan (PGC)

Authors

  • Ahmad Rojikun Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/ileka.v3i2.1189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Seri Galaxy Pada pengunjung Pusat Grosir Cililitan (PGC). Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh berjumlah 100 orang. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil yang didapat dari penelitan ini menunjukkan bahwa secara simultan Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Pusat Grosir Cililitan (PGC) Jakarta. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli karena nilai thitung (9,155) > ttabel (1,6607) dengan signifikansi 0,000< 0,05. Citra Merek juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli karena nilai thitung (1,912) > ttabel (1,6607) dengan signifikansi 0,000< 0,005. Dan Persepsi Harga juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli karena nilai thitung (5,173) > ttabel (1,6607) dengan signifikansi 0,000< 0,005. Variabel Kualitas Produk, Citra Merek memiliki pengaruh yang dominan yaitu sebesar 0,443 dan 0,125 dibanding dengan Persepsi Harga yang hanya sebesar 0,478. Nilai Adjusted R-Square yang diperoleh adalah sebesar 0,82 menunjukkan sekitar 82% variabel Y (minat beli) dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk (X1) Citra Merek (X2) Persepsi Harga (X3). Atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi Kualitas Produk Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap variabel Minat Beli adalah 82%.

Author Biography

Ahmad Rojikun, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Anton Mulyono Aziz dan Maya Irjayanti, (2018). Manajemen. Bandung, Mahardika Group.

Sulastri. (2018). Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori, dan Praktik. Bandung: La Goods Publishing.

Hasibuan, Malayu Sp. (2019). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Amirullah. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pramono. (2018). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2018). Marketing Managemet. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Ferdinand. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gaspersz, Vincent, (2021), All In One: Production and Inventori Management, Edisi 8, Bogor.

Tjiptono, Fandy. (2018). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Malik, F; Yaqoob., S., A.S. Aslam. (2019). The Impact Of Price Perception, Service Quality, And Brand Image On Customer Loyalty (Study of Hospitaly Industry In Pakistan) Interdesciplinary Journal Of Contemporary research In busines Vol 4, No 5, Halaman 114-126.

Simamora. (2019). Riset Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-09-30

Citation Check