Hot Plate Magnetic Stirrer dengan Tampilan Temperatur dan Kecepatan Motor

Authors

  • Mulyatno Mulyatno Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Catur Indriyanto Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Sulaiman Metere Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

Abstract

Latar belakang : Hot Plate Magnetic Stirrer berfungsi untuk mencampur dua atau lebih jenis zat sehingga jadi larutan yang homogen dengan cara batang magnet (stir bar) sebagai pengaduk. Tetapi banyak alat tersebut yang saat ini tidak dilengkapi dengan tampilan temperatur dan kecepatan motor, oleh sebab itu penulis ingin membuat penelitian ini dengan mikrokontroler Arduino Uno untuk mengontrol temperatur, timer, dan kecepatan motor yang bisa diatur melalui 4 tombol lalu  menggunakan komponen LM35 sebagai sensor temperatur dan Infrared Obstacle Avoiding sebagai kecepatan motor lalu ditampilkan ke LCD 20x4 yang memudahkan pengguna untuk mengetahui. Tujuan : Mendesain dan membuat hot plate magnetic stirrer yang mudah digunakan  dengan pengaturan, tampilan nilai temperature dan kecepatan motor. Metode : Terdiri dari tahapan analisa, desain, pembuatan dan pengujian. Hasil : Alat berfungsi dengan baik dan nilai presentase error <5% dari pengukuran temperatur, timer, dan kecepatan motor.

References

Pedoman Akredetasi Laboratorium Kesehatan. Keputusan Menteri Kesehatan No.943/Menkes/SK/VIII/2002.

Lalu Patria Irsyad, Yudianingsih, Sri Lestari. 2016. Perancangan Alat Magnetic Stirrer Dengan Pengaturan Kecepatan Pengaduk Dan Pengaturan Waktu Pengadukan. Yogyakarta: Universitas Respati Yogyakarta.

Rahman, M.A. 2011. Rancang Bangun Hot Plate Stirrer Magnetic Terkendali Temperature.Depok : Universitas Indonesia.

Gadhi, Yehezkiel Due. 2018. Rancangan Bangun Hot Plate Magnetic Stirrer Berbasis Arduino. Jakarta: Universitas MH.Thamrin.

Hariza Faisal, Wildian, Meqorry Yusfi. 2013. Rancang Bangun Magnetic Stirrer Berbasis Mikrokontroler AT89S52 Dengan Pengaturan Waktu Melalui Keypad. Padang: Universitas Andalas.

M. Maihizas Sugesti.2016. Stirrer Magnetik Berbasis Mikrokontroler Atmega16. Jakarta: Politeknik Kesehatan Jakarta II.

Anonim.2017. Pedoman Penulisan Proposal Penelitian Program Study Elektromedik. Jakarta: Fakultas Kesehatan Universitas MH.Thamrin.

Akhmad Fauzi. 2016. Rancang Bangun Stirrer Magnetik dengan pengaturan suhu 37°C berbasis Mikrokontroller Atmega8535.Jakarta: Program Studi Teknik Elektromedik Politeknik Kesehatan Jakarta II.

Kurniawan Nanang 2018. Analisis Sistem Monitoring Multi Nodes Menggunakan Transceiver nRF24L01+ Secara Real Time. Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Fatha Hilmy Naufal 2019. Hot Plate Magnetik Stirrer Dengan Pendeteksi Suhu Larutan. Jakarta: Program Studi Teknik Elektromedik Politeknik Kesehatan Jakarta II.

Isti’anah Ira 2017. Rancang Bangun Hot Plate Magnetic Stirrer Berbasis Mikrokontroler Atmega8. Yogyakarta: Program Studi Teknik Elektromedik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2013. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroller Dan Pemogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta. Gava Media.

Robbani, Dzaki 2018. Pengembangan Power Supply Digital Berbanguan Arduino Untuk Praktikum Elektronika Dasar Pada Jurusan Pendidikan Fisika UIN Walisongo Semaran. Semarang: Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.

Darma Setiawan 2017. Prototipe Sistem Otomatisasi Pintu Pagar Berbasis Arduino Uno R3 Via Bluetooth Android.APK. Lampung: Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung.

Nasrullah, Muhammad 2016. Hot Plate Magnetic Stirrer Dengan Pengendali Berbasis Microcontroller ATMega 16. Yogyakarta: Teknik Elektromedik Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta

Arduino, Sinau. Belajar Mengenal Arduino Software Arduino IDE Diakses pada 23 Maret 2019 https://www.sinauarduino.com/artikel/mengenal-arduino-software ide.

Kurniawan, R.. 2014. Stirrer Magnetic. Diakses pada tanggal 01 Agustus 2019 dari www.rizqibotaks.blogspot.co.id/2014/06/stiresmagnetik.

Viral Science, 2018. Arduino RPM Counter Speed Counter, Diakses pada tanggal 01 Agustus 2019 dari https://youtu.be/vWAgrah925Y.

K-sience.blogspot.com APA ITU MIKROKONTROLLER AVR ATMEGA328? Diakses pada 17 April 2019 dari http://ksience.blogspot.com/2017/07/apa-itu mikrokontroller-avr-atmega328p.html.

Datasheet LM35. LM35Precision Centigrade Temperature Sensors Diakses pada 15 Maret 2019 dari www.redrok.com/TemperatureSensor_LM35_10m VperC.pdf

Datasheet ATMega328P. Diakses pada 02 April 2019 dari https://www.sparkfun.com/datasheets/Components/SMD/ATMega328.pdf.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Mulyatno, M., Indriyanto, C., & Metere, S. (2021). Hot Plate Magnetic Stirrer dengan Tampilan Temperatur dan Kecepatan Motor. Hospital Technology and Mechatronics, 2(1), 25–44. Retrieved from https://journal.thamrin.ac.id/index.php/hostechtronics/article/view/1543

Citation Check