Cara Belajar Efektif Bagi Siswa Dengan Metode Trance Learning Berbasis Teknologi Multimedia
DOI:
https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i2.96Keywords:
Pelatihan, Trance Learning, SWiswa SLTAAbstract
Teknologi multimedia mampu merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi dan menyesuaikan informasi. Bagi pendidik dapat membantu mengembangkan teknik pembelajaran sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Demikian juga untuk siswa, multimedia membantu siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien secara mandiri. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kemandirian belajar siswa dapat dilakukan melalui Trance Learning. Trance Learning sendiri merupakan kondisi dimana gelombang otak kita turun dari gelombang beta ke gelombang alfa maupun theta, yang dalam kondisi ini menjadikan pikiran kita cenderung lebih rileks dan fokus terhadap sesuatu. Sehingga dalam kondisi trance ini siswa akan dapat lebih efektif dalam menerima materi yang diberikan dan mengubahnya menjadi pembelajaran mandiri
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa SLTA sederajat agar dapat masuk ke kondisi trance-nya sehingga siswa tersebut dapat fokus dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dikelas. Pelatihan diberikan dengan bantuan teknologi multimedia agar siswa lebih mudah menyerap informasi dan mempraktekkannya. Metode pelaksanaan kegiatan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SMA Santika, kemudian melakukan pelatihan bagi siswa kelas XII. Hasil kegiatan adalah pelatihan bagi 21 siswa kelas XII SMA Santika yang dilaksanakan pada tanggal 16 September 2019 dengan konten multimedia yang disusun oleh tim pelaksana kegiatan dibantu oleh pakar Hypnotherapy bapak Nur Falah. Para siswa terlihat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan
References
Atmawarni. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah. Jurnal Perspektif, 4(1), 20–27.
Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Jurnal Evaluasi, 2(1).
Halsband, U. (2006). Learning in trance: Functional brain imaging studies and neuropsychology. Journal of Physiology-Paris, 99(4–6), 470–482.
Nihayah, Lilis; Retnani, W. (2011). Manfaat Hipnoterapi Terhadap Minat Belajar Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Psikologia (Jurnal Psikologi), 1(1), 1–21.
Ramli, Anwar; Rahmatullah; Inanna; Dangnga, T. (2018). Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Semiawan, C. dkk. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Grasindo.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Ahmad Fitriansyah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.