Membangun Kesadaran Moral & Etika Dalam Berinteraksi Di Era Digital Pada Remaja Karang Taruna RW 07 Rempoa Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.869Abstract
Mengacu pada Tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitiaan dan pengabdian pada masyarakat, maka hendaknya perguruan tinggi dapat melaksanakan dharma tesebut secara fungsional dan terpadu. Pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu darma perguruan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut yang dianggap paling realistis tidak lain, memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program kreativitas mahasiswa untuk melaksanakan Darma perguruan tinggi yang ketiga  yaitu pengabdian pada masyarakat. Pada era digitalisasi perkembangan teknologi informasi mulai berkembang semakin pesat. Perkembangan ini memberikan dampak yang berpengaruh terhadap perubahan perilaku manusia dalam bersosial dan berkomunikasi. Karena hal tersebut penggunaan internet dan media sosial pada saat ini semakin meningkat. Media sosial dapat menjadi sarana bagi manusia untuk melakukan interaksi jarak jauh. Akan tetapi media sosial juga dapat memberikan dampak negatif pada manusia. Pada generasi milenial mereka sering terlihat tidak peduli terhadap keadaan sekitar, mereka terlihat lebih memilih menghabiskan waktunya di dalam dunia maya dengan handphone mereka. Akibat hal tersebut etika dalam penggunaan teknologi perlu ditingkatkan agar generasi milenial bijak dalam menggunakaan teknologi.Program yang kami usulkan berjudul “Membangun Kesadaran Moral dan Etik dalam Berinteraksi Di Era Digital Bagi Kalangan Millenial Pada Remaja Karang Taruna Rw 07 Rempoa, Ciputat Timurâ€. Luaran hasil kegiatan PKM ini adalah jurnal nasional.
Kata Kunci : Kesadaran Moral dan Etika, Era Digital dan Millenial
References
Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara Di Era Digital Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(1), 15–34.
Nurdiarti, R. P. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ETIKA KOMUNIKASI DI ERA MASYARAKAT INFORMASI. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 115–123.
Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78–87.
Sari, S. (2019). Literasi media pada generasi milenial di era digital. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42.
Winantika,
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.