Membangun Brand Image Melalui Digital Marketing Di Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.865Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat dengan  subtema Membangun Brand Image Melalui Digital Marketing merupakan salasatu tema yang disampaikan  dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat  dengan judul Membangun Brand Image Melalui Bahasa Marketing  bagi ibu-ibu PKK Di kelurahan Gedong , Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kegiatan Pengabdian Masyrakat ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan lintas prodi yaitu fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komputer dan Fakultas Kesehatan Universitas Mochammad Husni Thamrin dan  masing masing program studi menyampaikan materinya sesuai dengan kompetensinya.  Tujuan dari kegiatan  pengabdian Masyarakat ini  adalah  memberikan informasi dan pemahaman kepada para ibu kader PKK kelurahan Kampung Gedong agar mampu membangun Brand image produk dan layanan bagi usaha rumahannya guna memperoleh penghasilan tambahan untuk keluarga. Salahsatu subtema yang disampaikan adalah membangun brand image melalui digital marketing.
Ibu-ibu PKK di kelurahan gedong ini sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang mempunyai usaha rumahan yaitu aneka ragam kuliner yang diperjualbelikan di masyarakat sekitar. Potensi berwirausaha ibu-ibu kader PKK ini cukup besar namun minimnya pengetahuan dan pemahaman terhadap kemampuan membangun  brand image  terhadap produk usaha mereka menyebabkan bisnis rumahan mereka cenderung kurang berkembang dan terbatas. Selama ini, promosi yang dilakukan oleh Ibu – Ibu PKK adalah promosi tradisional, yaitu promosi dari mulut ke mulut dan hanya disekitaran lingkungan tempat tinggal mereka.  Di era digital saat ini, salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang,termasuk  Ibu – Ibu PKK adalah Internet. Internet merupakan sarana Digital Marketing yang dapat digunakan untuk melakukan promosi usahanya , sehingga usahanya dapat lebih dikenal oleh banyak pihak. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya seminar ini, Ibu – Ibu PKK dapat memanfaatkan internet melalui Handphone mereka untuk memperkenalkan produk yang mereka buat kepada pihak luar.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui acara seminar pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Gedong yang dihadiri oleh ibu-ibu kader PKK dengan kuota terbatas karena dilakukan pada masa PPKM  Pandemi Covid-19.dan secara keseluruhan bisa  berjalan dengan baik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti selama kegiatan. Harapan peserta agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Universitas MH. Thamrin, karena melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi , pengetahuan serta pemahaman  mengenai Pemberdayaan wanita sehingga  mampu berperan  sebagai motor penggerak ekonomi keluarga dan masyarakat.
Â
Kata Kunci: Pengabdian kepada Masyarakat , Brand Image,Digital Marketing, Ibu PKK Kelurahan Gedong
References
Antonius Satria Hadi, Ardhi Khairi, Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo,2020, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127-132. https://doi.org/10.31849
Agustino, R., Sopian, A., Djaali, N.A., Wiyatno, A. and Saputro, M.I., 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi SILPPM Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(1), pp.17-21.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Irwan Setiawan, Fitri Diani, Pemanfaatan Intenet Marketing Untuk Mempesiapkan Masyarakat Kreatif dan Berjiwa Wirausaha Mandii di Lingkungan Warga PKK Kelurahan Sarijadi dan Ciwaruga,Kabupaten Bandung,2019, Jurnal Difusi Volume 2, No.2 Juli 2019
Ria Zulkha Ermayda*, Hanjar Ikrima Nanda, Dwi Narullia,Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaan Ibu-ibu PKK Desa Sutojayan, Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.3 No.2, November 2019
Yunita Sari Siregar, Boni Oktaviana Sembiring,2022. Pelatihan Penggunaan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Ibu PKK Di Desa Sei Mencirim,2022, Jurnal Literasi, Politeknik Negeri Ketapang,Kalimantan Barat
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.