Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul di Era Milenial
DOI:
https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i1.618Abstract
Pendidikan non-formal sebagai bagian dari sistem pendidikan memiliki tugas sama dengan pendidikan lainnya (pendidikan formal) yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Membangun Sumber Daya Manusia yang unggul di Era Milenial merupakan tantangan besar bagi persahaan. Strategi pengelolaan SDM dapat dianalisis dengan model AMO (Ability, Motivation, Opportunity). Tujuan kegiatan ini yaitu membekali warga belajar dengan berbagai keterampilan untuk masa depan mereka, memberikan tutorial tentang tata cara menjadi seorang wirausaha secara teori ataupun praktek, memberikan kesempatan belajar bagi warga masyarakat untuk menuntut ilmu, meningkatkan kinerja pengelola PKBM yang profesional, menciptakan didikan yang mempunyai karakter dan berkompetensi tinggi. Pendekatan metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang berbagai keterampilan dan berwirausaha, simulasi dan praktikum dilakukan dengan melakukan kegiatan membuat rencana usaha tiap kelompok lalu mempresentasikan serta masing - masing kelompok mengimplementasikan rencana usaha tersebut dengan bimbingan para instruktur dan guru. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah peserta didik termotivasi untuk menuntut ilmu, program kemandirian berwirausaha dan program pelatihan ketrampilan sebagai bekal bagi peserta didik apabila kelak setelah lulus dari PKBM tidak mau bekerja di industri atau perusahaan, bisa membuka usaha sendiri, menjalin kemitraan kerja yang bekerjasama, baik dari lembaga pemerintah dan lembaga swasta.
Kata kunci: Pendidikan Non Formal, Sumber Daya Manusia, Era Milenial.
References
Fareed, M. et al. (2016) ‘Developing Human Capital for Sustainable Competitive Advantage : The Roles of Orga¬nizational Culture and High Performance Work System’, 10(4), pp. 655–673.
Armstrong, M. and Brown, D. (2019) ‘Strategic Human Resource Management : Back to the future ? A literature review’, (February).
Alma, Buchari (2016), Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum, Jakarta Bina Aksara.
Supardi, Suparman. (2010). Gaya mengajar yang menyenangkan siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.