Home Based Intervention Sebagai Upaya Meningkatkan Preferensi Konsumsi Sayur dan Buah Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Kartika - Wandini Universitas MH.Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i1.429

Abstract

Masa usia sekolah dasar menjadi periode tumbuh kembang anak, dimana kecukupan zat gizi makro dan mikro harus terpenuhi. Namun demikian orang tua kerap menghadapi tantangan untuk bisa membiasakan anak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan zat gizi mikro. Kegiatan ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan pengetahuan dan preferensi konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah dasar melaui kegiatan Home Based Intervention. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring (online) menggunakan zoom meeting dengan melakukan storytelling untuk anak oleh pendongeng dan sosialisasi untuk orangtua oleh ahli gizi. Pada kegiatan ini, pengetahuan dan preferensi anak dilihat dari pengisian kuesioner pre-test dan post-test. Sebanyak 21 orang tua dan 11 anak mengikuti pre-test kegiatan ini. Hasil post-test menunjukan terdapat kenaikan skor pengetahuan orang tua sebanyak 3 sampai 4 poin dan skor pengetahuan anak sebanyak 1-2 poin. Skor preferensi konsumsi sayur dan buah pada anak pun mengalami kenaikan sebesar 1 dan 5 poin. Kegiatan Home Based Intervention melalui storytelling pada anak dan sosialisasi pada orang tua pada dasarnya memberi efek positif terhadap preferensi serta pengetahuan anak dan pengetahuan orang tua, namun demikian perlu adanya sosialisasi secara frekuentif guna memberi efek yang lebih nyata pada perilaku konsumsi buah dan sayur pada anak.

Kata Kunci: Home based intervention, Pengetahuan, Buah, Sayur, Anak Usia Sekolah.

Author Biography

Kartika - Wandini, Universitas MH.Thamrin

Program Studi S1 Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas Mohammad Husni Thamrin

References

Asy’ariyah, Nor Za’idah., Arief, Yuni Sufyanti, Krisnana, Ilya. 2015. Storytelling sebagai Upaya Meningkatkan Konsumsi Sayur. Jurnal Pediomaternal. 3(1) : 72-82.

Darajat, Raafi’ud. 2015. Efektivitas pendidikan gizi dengan metode dongeng terhadap pengetahuan siswa tentang gizi seimbang di SDN 3 Makamhaji Kartasura. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fibrihirzani, Hafsah. 2012. Hubungan antara karakteristik individu, orangtua dan lingkungan dengan konsumsi buah dan sayur pada siswa SDN Beji 5 dan 7 Depok Tahun 2012. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Kemenkes, RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes, RI. 2018. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lakakkula, Anantha Padmaja. 2011. Building children’s liking dan preference for fruits and vegetables through school-based intervention. Dissertations Louisana State Uviversity, USA.

Mohammad, Andika, Madanijah, Siti. 2015. Konsumsi Buah dan Sayur Anak Usia Sekolah dasar di Bogor. Jurnal Gizi Pangan. 10(1): 71-76.

Novitasari, Elen. 2018. Pengaruh metode storytelling terhadap peningkatan pengetahuan buah dan sayur pada anak usia sekolah dasar. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya.

Tylavsky, et al. 2004. Fruit and Vegetable Intakes are Independen Predictor of Bone Size in Early Pubertal Children. The American Journal of Clinical Nutrition. 79: 311-317.

Downloads

Additional Files

Published

2021-03-30

Citation Check