Pengujian Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Jakarta Raya 3
DOI:
https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i1.377Abstract
Untuk mengetahui penguasaan teknik pembuatan produk Multimedia pada siswa SMK dengan kompetensi keahlian multimedia, perlu dilakukan pengujian. Uji kompetensi keahlian multimedia dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap teknik-teknik pembuatan efek yang ada pada perangkat lunak multimedia, dan kreatifitas siswa dalam membuat produk multimedia sesuai dengan topik yang diberikan.
Produk multimedia yang diujikan meliputi video animasi bergerak, dan poster statis. Siswa diminta membuat rancangan gambar poster dan video bergerak dengan beberapa tema yang diberikan. Tema yang diberikan antara lain, “Siswa SMK peduli korban bencanaâ€, “Siswa SMK peduli anti Hoaxâ€, “Siswa SMK menyongsong era revolusi industry 4.0â€. Penilaian terhadap hasil rancangan dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu “Cukup kompeten†bila nilai akhir adalah 7,0 – 7,9, “Kompeten†bila nilai akhir 8.0 – 8.9 dan “Sangat Kompeten†bila nilai akhir 9,0 – 10.
Dari 18 orang siswa SMK yang diuji, didapatkan hasil sebagai berikut: Siswa dengan klasifikasi “Cukup kompeten†sejumlah 3 orang atau 17%, Siswa dengan klasifikasi “Kompeten†sebanyak 10 orang atau 55%, dan siswa dengan klasifikasi “Sangat Kompeten†sebanyak 5 orang atau 28%.
References
Irwanti, Y. D., & Sudira, P. (2014). Evaluasi uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3).
Ditama, V., Saputro, S., Saputro, C., & Nugroho, A. (2015). Pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan program adobe flash untuk pembelajaran kimia materi hidrolisis garam sma kelas xi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 23-31.
Musthofa, M. U., Suswanto, H., & Nyoto, A. (2017). Kontribusi Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian Terhadap Kinerja PKL Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1550-1560.
Priandana, V. F. D., & Asto B, I. (2015). pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan software macromedia flash pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1).
Dewi, A. C., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Etimologi Multimedia Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(6), 13-19.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Yohanes Bowo Widodo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.