Pengujian Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Jakarta Raya 3

Authors

  • Yohanes Bowo Widodo Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Amin Sakaria Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Febrianti Widyahastuti Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i1.377

Abstract

Untuk mengetahui penguasaan teknik pembuatan produk Multimedia pada siswa SMK dengan kompetensi keahlian multimedia, perlu dilakukan pengujian. Uji kompetensi keahlian multimedia dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap teknik-teknik pembuatan efek yang ada pada perangkat lunak multimedia, dan kreatifitas siswa dalam membuat produk multimedia sesuai dengan topik yang diberikan.

Produk multimedia yang diujikan meliputi video animasi bergerak, dan poster statis. Siswa diminta membuat rancangan gambar poster dan video bergerak dengan beberapa tema yang diberikan. Tema yang diberikan antara lain, “Siswa SMK peduli korban bencanaâ€, “Siswa SMK peduli anti Hoaxâ€, “Siswa SMK menyongsong era revolusi industry 4.0â€. Penilaian terhadap hasil rancangan dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu “Cukup kompeten†bila nilai akhir adalah 7,0 – 7,9, “Kompeten†bila nilai akhir 8.0 – 8.9 dan “Sangat Kompeten†bila nilai akhir 9,0 – 10.

Dari 18 orang siswa SMK yang diuji, didapatkan hasil sebagai berikut: Siswa dengan klasifikasi “Cukup kompeten†sejumlah 3 orang atau 17%, Siswa dengan klasifikasi “Kompeten†sebanyak 10 orang atau 55%, dan siswa dengan klasifikasi “Sangat Kompeten†sebanyak 5 orang atau 28%.

Author Biographies

Yohanes Bowo Widodo, Universitas MH. Thamrin Jakarta

SINTA ID : 6199681


Google Scholar


Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

 

Muhammad Amin Sakaria, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Sistem Informasi

Febrianti Widyahastuti, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Program Studi Sistem Informasi

References

Irwanti, Y. D., & Sudira, P. (2014). Evaluasi uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3).

Ditama, V., Saputro, S., Saputro, C., & Nugroho, A. (2015). Pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan program adobe flash untuk pembelajaran kimia materi hidrolisis garam sma kelas xi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 23-31.

Musthofa, M. U., Suswanto, H., & Nyoto, A. (2017). Kontribusi Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian Terhadap Kinerja PKL Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1550-1560.

Priandana, V. F. D., & Asto B, I. (2015). pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan software macromedia flash pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1).

Dewi, A. C., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Etimologi Multimedia Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(6), 13-19.

Downloads

Published

2019-03-30

Citation Check