Sosialisasi Pengenalan Database Firebase dan Mysql pada Siswa SMK 1 Cibitung

Authors

  • Rano Agustino Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Febrianto Febrianto Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Mohammad Ikhsan Saputro Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Amin Sakaria Universitas Mohammad Husni Thamrin

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v6i1.2128

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMK 1 Cibitung dalam bidang basis data, khususnya MySQL dan Firebase. Era digital saat ini menuntut kemampuan mengelola data yang baik, terutama bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau bekerja di bidang IT. Berdasarkan hasil tes awal (pretest), diketahui bahwa pengetahuan dan keterampilan siswa SMK 1 Cibitung dalam bidang basis data masih rendah. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai siswa yang masih di bawah 70. Rendahnya kemampuan ini dikhawatirkan akan menghambat siswa dalam mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi atau dalam bekerja di bidang IT. Oleh karena itu, tim PkM dari Universitas Mohammad Husni Thamrin melaksanakan kegiatan PkM dengan metode pretest-posttest. Metode ini dipilih karena dapat mengukur secara objektif peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa setelah mengikuti kegiatan PkM. Kegiatan PkM ini dilaksanakan selama 2 hari dengan jarak 1 minggu atau 7 hari, dan dilaksanakan di SMK 1 Cibitung. Kegiatan ini diikuti oleh 60 siswa, 2 guru, 5 dosen, dan 4 mahasiswa. Hasil dari kegiatan PkM ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir (posttest) yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa mencapai 80. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kegiatan PkM yang dilakukan telah berhasil mencapai tujuannya.

Kata Kunci: Pelatihan Database, PkM Database Firebase, PkM Database MySQL.

Author Biography

Rano Agustino, Universitas Mohammad Husni Thamrin

Fakultas Komputer Universitas Mohammad Husni Thamrin


SINTA ID : 6662572


Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

References

Agustino, R., Sopian, A., Djaali, N. A., Wiyatno, A., & Saputro, M. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi SILPPM Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(1), 17-21.

Azriya, N., Novalia, N., Sari, D., & Guntana, G. (2020, November). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat Dan Perangkat Desa Negara Saka Kabupaten Pesawaran Dalam Rangka Peningkatan Program Kerja Desa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 355-360).

Agustino, R., Widodo, Y. B., Wiyatno, A., & Saputro, M. I. (2020). Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Jaring Saintek, 2(1), 1-12.

Djaali, N. A., Usman, S., Agustino, R., & Simaibang, F. H. (2020). Penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (k3) melalui sosialisasi potensi bahaya di sekolah. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2(1), 34-43.

Hamdana, E. N., Apriyani, M. E., Pramudhita, A. N., Yusuf, M., Caesar, F. R., & Syaifudin, Y. W. (2022). PEMBUATAN SISTEM INFORMASI UNTUK YAYASAN ANAK YATIM AT TAUFIQ MALANG. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(6), 5223-5228.

Megawati, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Penyimpanan Data Cloud Computing Sebagai Solusi Pendukung Kerja. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1448-1454.

Noviandri, D., Hermawan, I., Yolanda, A., & Sulaiman, F. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Penggunaan Microsoft Access Programming Bagi Pegawai Unit Usaha Bank Sumut Syariah. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 85-88.

Sudrajat, A. (2021). Workshop Pengenalan E-Commerce Pada Siswa Aliyah. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(5), 777-780.

Sagala, D. M., Rahmadani, L., Rahmadani, Y., Wahyuningsih, E. S., Arifah, A., & Lawita, N. F. (2021). Penerapan Database pada Perusahaan (Studi Penerapan ERP pada PT. Sinar Sosro). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3567-3576.

Downloads

Published

2024-03-30

Citation Check