Sosialisasi Literasi Online Tentang Metaverse Indonesia di SMA Angkasa I
DOI:
https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1276Abstract
Metaverse akan menjadi bentuk dari evolusi berikutnya dari internet, yang akan memicu evolusi dari kapitalisme. Metaverse akan membuka berbagai peluang baru untuk menghasikan uang, serta mengubah cara manusia dalam bersosialisasi, bekerja dan menjalankan bisnis.
profile SMA Angkasa 1 berbasis Metaverse adalah media internet  yang dapat membantu suatu sekolah untuk memperkenalkan identitas serta kelebihan yang dimiliki pada sekolah yang bersangkutan kepada masyarakat luas melalui dunia metaverse. Dengan memanfaatkan kemajuan dan perkembangan metaverse pada profile SMA Angkasa 1dengan penampilan  menarik dan sesuai dengan trend  yang ada. Â
Maka dari itu profile SMA Angkasa 1 harus dapat mewakili serta mempresentasikan identitas tentang sekolah SMA Angkasa 1, sebab era sekarang ini adalah era metaverse. Peneliti bermaksud mempromosikan profile SMA Angkasa 1 pada aplikasi berbasis metaverse. Selain menarik perhatian, profile SMA Angkasa 1 dalam bentuk media metaverse lebih praktis. Â
Seiring berkembangnya aktivitas belajar mengajar pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Angkasa 1, maka sekolah akan memanfaatkan teknologi metaverse  agar lebih cepat lebih mudah dalam mengakses kemampuan belajar bagi para siswa/i.  Metaverse adalah sebagai tempat sumber informasi dalam internet, supaya sebuah informasi dapat terbentuk dalam suatu database, maka diperlukan sebuah Augmented Reality, Virtual Reality& Video yang dinamis.
Kini, berbagai negara di dunia sudah mulai mengembangkan metaverse. Sebagai negara yang terbuka akan globalisasi Indonesia akan menghadapi transformasi digital ini. Penting bagi Indonesia dalam mempersiapkan diri menghadapi perkembangan teknologi metaverse. Tujuan dari penulisan ini untuk mempromosikan tentang sosialisasi literasi online tentang metaverse di SMA Angkasa 1.
References
Falahah Suprapto. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendekia.
Solichin, Achmad. 2016. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Achmad Solichin.
Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung.
Munawar. 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML ( Unified Modeling Language ). Informatika, Bandung.
Jurnal Yose Indarta. (2022). “Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikanâ€. JURNAL BASICEDU. Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022. Halaman 3351 - 3363 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Jurnal Ilmawan Mustaqim. (2016). “ Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaranâ€. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol.13, No.2, Juli 2016, Hal:174 ISSN 2541-0652.
Jurnal Ii Sopiandi, Deffy Susanti. (2022). “Menganalisis Informasi Metaverse Pada Game Online Roblox Secara Garis Besarâ€. Jurnal PETISI, Vol. 3, No. 1, Januari 2022 e-ISSN: 2721-6276.
Jurnal Ariesta Kartika Sari.(2020). “Pengembangan Kompetensi Guru SMKN 1 Labang Bangkalan melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality dengan Metaverseâ€. Jurnal Panrita Abdi, 2020, Volume 4, Issue 1. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi.
Sutrianto,dkk., Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Mohammad Narji, Tata Sutabri, M. Amin Zakaria, Yohanes Bowo Widodo, Rano Agustino, Dedi Setiadi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.