Edukasi Cegah Anemia, Stunting, dan Obesitas Pada Remaja

Authors

  • Parlin Dwiyana Universitas Mohammad Husni Thamrin

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.1263

Abstract

Indonesia saat ini mengalami masalah gizi ganda yakni undernutrition dan overnutrition yang salah satu fokusnya berada pada kelompok usia remaja. Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rentan terkena anemia. Kondisi remaja anemia yang tidak tertangani dengan baik akan berdampak melahirkan anak stunting, sehingga permasalahan 1000 HPK tidak hanya berpusat pada ibu dan anak melainkan juga pada remaja. Di sisi lain, obesitas juga merupakan masalah kesehatan global dengan jumlah prevalensi yang selalu meningkat. Remaja dengan obesitas berisiko akan menjadi obesitas pada dewasa yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan dan aspek lain dalam kehidupan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan melalui edukasi bagi remaja tentang anemia, stunting dan obesitas. Adapun luaran dalam kegiatan ini berupa laporan dan publikasi ilmiah di jurnal pengabdian masyarakat yang dapat dibaca oleh masyarakat luas.

Kata kunci : anemia, stunting, obesitas, remaja 

References

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Proverawati. 2010. Obesitas dan Gangguan Perilaku Makan pada Remaja. Yogyakarta: Muha Medika.

Rusdi, Faza yasira, Hafifatul Auliya Rahmy, Helmizar. Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Gizi Seimbang Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di SMAN 2 Padang. Journal of Nutritional College. 10(01): 31-38.

Sediaoetama, AD. 2004. Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa dan Profesi. Edisi Kelima. Jakarta: Dian Rakyat.

Downloads

Published

2022-09-30

Citation Check