Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif dari Bahan Bekas Bersumber Lingkungan Paud Walidain Solihin Jonggol Bogor

Authors

  • Asep Irwansyah Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Sopiah Sopiah Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Eva Riza Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.126

Keywords:

alat permainan Edukatif, bahan bekas

Abstract

Anak usia dini pun periu diberi stimulasi dalam proses tumbuh kembang yang memadai untuk meningkatkan kreativitas pada anak diberi berbagai macam kegiatan seperti: kegiatan musik, menyanyi, bermain media alam (natural), tiga dimensi, baik visual maupuri audivisual, seni rupa dan lain-lainHasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan lebih tinggi daripada anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik.

Gambaran ini dapat dikatakan  bahwa  untuk  meningkatkan  kreativitas  anak  usia  dini  dapat digunakan alat permainan edukatif buatan; (2) Terdapat interaksi antara alat permainan edukatif dan motivasi belajar terhadap kreativitas anak usia dini, (3) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif buatan pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif pabrik. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat menggunakan alat permainan edukatif buatan; (4) Kreativitas anak yang diberi alat permainan edukatif pabrik pada kelompok siswa motivasi belajar rendah lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi alat permainan edukatif buatan. Dengan demikian untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini yang memiliki motivasi belajar rendah dapat digunakan alat permainan edukatif pabrik.

References

A.M, Sadirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 1988.

Adams, Keer. Bring Out The Genius In Your Child. London: Hamlyn, 2006.

Akbar, Feni dkk. Kreativitas, Panduan Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo., 2001.

Amabile, T.M. The Social Psychology of Creativity. Spingerverlag. New York: 1983.

Amstrong, Thomas. Setiap Anak Cerdas Panduan Membantu Anak Belajar Dengan Memanfaatkan Multiple – Intelegencenya Terjemahan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2002.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bina Aksara, 1998.

_______ . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Arsyad. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada, 1997.

Ary, Donald L,C. Jacobs, dan A. Razavish. Introduction to Research in Education. New york: CBS College Publishing, 1985.

Ayan. Jordan E. Bengkel Kreativitas. Bandung: Kaifa. Mizan Pustaka, 2005.

B. Carl. Growing Up Gifted. C.E. Menil Publishing Company, A Bell. 1983.

Baharudin dan Esa Nurwahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Braja, M.F. Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP Malang, 1990.

_______. Pengantar Membaca Pada Tahap Permulaan dan Usaha Memupuk Kecintaan Membaca. Malang: IKIP Malang, 1986.

Downloads

Additional Files

Published

2020-03-30

Citation Check