Pelatihan Pengembangan Kreatifitas Membuat Peluang Usaha di Bidang Multimedia pada SMA Santika Jakarta Timur

Authors

  • Sondang Sibuea Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Yohanes Bowo Widodo Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Dedi Setiadi Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Reni Febrianti Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
  • Mohammad Ikhsan Saputro Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Ependi Ependi Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Putu Tirta Sari Ningsih Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Sutrisno Sutrisno Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Gusvarizon Universitas MH. Thamrin Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i2.1250

Abstract

Perkembangan dunia bisnis sejalan dengan pertumbuhan teknologi yang makin pesat. Ada hubungan yang saling terkait antara pemanfaatan teknologi dengan bisnis. Begitupun dalam ranah multimedia, banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk membuat peluang  usaha. Secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Peluang usaha ini menjadi hal yang paling krusial sebelum membuka usaha. Analisis peluang usaha adalah cara yang disusun oleh calon wirausahawan untuk menentukan apa saja yang hendak dilakukan di dalam persaingan bisnis. Menetapkan bidang usaha apa yang akan dibangun kerap kali menjadi permasalahan utama para wirausahawan, khususnya bagi mereka yang baru saja terjun di dunia wirausaha. Beberapa contoh Peluang usaha yang dapat dilakukan dengan teknologi adalah sebagai berikut: Menjual Hasil Kerajinan Online, Berjualan Camilan/Makanan online, Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Video Iklan, dll. Melihat masalah tersebut, kami dari Universitas Mohammad Husni Thamrin Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersinergi dengan Fakultas Komputer mengadakan kegiatan  Pelatihan kepada siswa SMA Santika Jakarta Timur. Materi yang diberikan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis berkaitan dengan kompetensinya, yaitu bagaimana mengembangkan kreatifitas membuat peluang usaha. Sedangkan materi yang diberikan oleh dosen Fakultas Komputer adalah agar siswa SMA Santika memahami Multimedia sebagai media untuk membuat Iklan, dan bagaimana membuat konten multimedia dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada. Hasil produk Multimedia tersebut dapat ditawarkan kepada pelaku usaha untuk memasarkan usahanya melalui iklan berbasis Multimedia. Siswa SMA Santika dapat mengembangkan usaha antar lain pembuatan iklan apabila menguasai Ilmu Multimedia.

Author Biographies

Sondang Sibuea, Universitas MH. Thamrin Jakarta

 

 

Yohanes Bowo Widodo, Universitas MH. Thamrin Jakarta

ID SINTA                 : 6199681

ID ORCID                : 0000-0001-6135-3350

ID Google Scholar : zsNYWvQAAAAJ


Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

References

Hofstetter, F.T. (2001). Multimedia : Making it Work. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.

Rahmi, A., & Fauzi, M.F. (2020). Membangkitkan Bisnis Kuliner Terdampak Covid-19 Melalui Multimedia. Prosiding Universitas AMIKOM Yogyakarta, 510 -515.

Rakib, M., Syam, A., Marhawati, & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa. Jurnal Dedikasi. 22(2), 129 – 134.

Robin, Linda. (2001). Kitab Suci Komputer & Multimedia. Yogyakarta : Alberta.

Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19 : Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. 6(2), 46-58.

Downloads

Published

2022-09-30

Citation Check